Jakarta (ANTARA) - Pelatih Rans Nusantara FC Rahmad Darmawan, atau yang biasa dikenal RD, mengatakan dirinya bertanggung jawab atas kekalahan timnya dari Persita Tangerang dengan skor 1-4 pada pekan ke-14 Liga 1 Indonesia di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa.

"Ini kekalahan yang harus saya tanggung dan saya siap bertanggung jawab," ujar RD, dikutip dari situs resmi Liga Indonesia, Rabu.

Sikap RD ini juga hadir tidak terlepas dari hasil minor yang didapatkan oleh Rans Nusantara FC dalam beberapa laga terakhir mereka di kompetisi Liga 1 2022/23.

Tercatat pada empat pertandingan terakhir mereka, Rans tercatat hanya mampu bermain imbang menghadapi Persikabo 1973 dan Dewa United, serta takluk dari Persis Solo dan Persita Tangerang.

Selain itu, pelatih asal Lampung itu menjelaskan Persita memang tampil lebih baik ketimbang timnya sehingga ia menerima kekalahan telak timnya.

Baca juga: Persita Tangerang hancurkan Rans Nusantara FC 4-1

"Persita bermain jauh lebih baik dari kita mereka lebih cepat, lebih kuat juga dan mereka pantas memenangkan pertandingan," sambung dia.

Lebih lanjut, RD menjelaskan penampilan anak asuhnya sebenarnya tidak terlalu buruk, hanya saja sejak babak pertama mereka gagal mengembangkan permainan karena tekanan tinggi Perista.

Meski gagal mengamankan poin, mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut mengatakan tetap mengapresiasi kerja keras dari anak asuhnya yang telah tampil habis-habisan sepanjang pertandingan.

"Secara keseluruhan pertandingan kurang baik untuk kami terutama di babak pertama. Ada satu pressure tinggi dari pemain-pemain Persita. Babak kedua kita berhasil keluar dari tekanan dan menciptakan beberapa peluang," ucap RD.

"Apresiasi penampilan pemain yang sudah berjuang maksimal. Saya tahu mereka sudah maksimal," pungkasnya.

Akibat kekalahan ini, Rans Nusantara FC masih tertahan di peringkat ke-16 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan 11 poin dari 14 pertandingan.

Baca juga: Vera puas dengan penampilan Persita Tangerang ketika hancurkan Rans
Baca juga: Darius yakin Rans Nusantara FC akan stabil di kompetisi

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022