kompetisi ini diikuti lebih dari seribu tim dan seratus lebih universitas dari seluruh Indonesia, sehingga menjadi prestasi yang membanggakan
Surabaya (ANTARA) - Universitas Airlangga Surabaya menjadi juara umum Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) 2022 yang digelar di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, setelah mendapat empat medali lewat tujuh tim yang menjadi perwakilan kampus tersebut.

"Dari empat medali yang didapat, dua medali emas didapatkan oleh tim Duck Point Special Egg, dan tim Makaseehrek, satu medali perunggu oleh tim Incredible Floaties Staycation, serta juara harapan 1 oleh tim Blair," kata Direktur Kemahasiswaan Unair, Prof. Hadi Shubhan dalam keterangannya di Surabaya, Senin.

Unair menjadi juara umum disusul Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Hadi mengatakan kenaikan jumlah medali berpengaruh penting terhadap posisi Unair yang pada tahun sebelumnya hanya mampu menduduki posisi kedua.

"Mengingat, kompetisi ini diikuti oleh lebih dari seribu tim dan seratus lebih universitas dari seluruh Indonesia, sehingga ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakan," katanya.

Pada ajang KMI digelar ekspo yang merupakan pameran hasil produk yang telah melalui proses seleksi dan pendanaan.

Baca juga: ITS luncurkan mobil listrik serbaguna bernama MEvITS

Baca juga: ITS dan INKA berkomitmen lanjutkan produksi Bus Listrik Merah Putih


Sebelum mencapai tahap ini, tim asal Unair telah melalui berbagai proses, yakni pembuatan ide proposal, tahapan presentasi dan berbagai tahapan lain dalam mengembangkan produk.

Hadi mengapresiasi keikutsertaan mahasiswa dalam ajang besutan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) itu.

Selain sebagai bentuk dari keaktifan mahasiswa dalam melakukan kegiatan positif, kegiatan itu juga memberikan segudang ilmu kewirausahaan, softskill dan pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa.

Hasil sebagai juara umum kewirausahaan di tingkat nasional, lanjutnya, juga membuktikan iklim kewirausahaan yang kondusif serta suportif di Unair. Mengingat emas yang diraih pada ajang-ajang bergengsi lain seperti pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional juga meliputi bidang kewirausahaan.

Unair telah memfasilitasi kegiatan kewirausahaan mahasiswa melalui badan-badan seperti Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) Unair serta Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi (BPBRIN) Unair berkaitan dengan hilirisasi serta pengembangan bisnis.

Baca juga: DAHANA – ITS Menjalin Kerjasama Penelitian Propelan untuk Bahan Bakar Roket

Baca juga: ITS gandeng Unhas-BRIN-Petrokimia kembangkan sorgum unggul


Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022