Besok juga (akan menyalurkan) 500 nasi kotak dan logistik
Jakarta (ANTARA) - Tim NU Peduli Bencana Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyalurkan bantuan makanan siap santap untuk warga terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, sebagai upaya awal penanganan di masa darurat.

"Alhamdulillah, kami menerima bantuan berupa makanan, baru 500 boks hari ini. Besok juga (akan menyalurkan) 500 nasi kotak dan logistik yang lainnya," ujar Kepala Posko NU Peduli Kabupaten Cianjur Aang M. Subhan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Bantuan makanan itu sebelumnya ditempatkan di posko yang dipusatkan di Kantor PCNU Kabupaten Cianjur. Kemudian bantuan makanan itu diserahkan kepada LAZISNU dan LPBI PBNU untuk disalurkan.

Menurutnya, penyaluran bantuan makanan itu dilakukan secara bersama-sama antara PCNU Cianjur beserta para relawan dengan LAZISNU serta Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PBNU.

Baca juga: Kapolri menambah bantuan tenaga medis ke Cianjur

Baca juga: BPBD Jawa Barat kirim dukungan logistik ke lokasi gempa Cianjur


Sekretaris LAZISNU PBNU Moesafa mengatakan PBNU juga mendirikan posko NU Peduli Bencana yang dipusatkan di PCNU Kabupaten Cianjur.

"Kita turun ke lapangan untuk memberikan sedikit bantuan kepada masyarakat atau warga terdampak bencana gempa bumi di Cianjur dan sekitarnya," kata Moesafa.

Menurutnya, Tim NU Peduli melakukan penggalangan bantuan dan pemetaan lapangan untuk mengetahui apa saja yang diperlukan dalam masa-masa tanggap darurat ini.

Setelah itu, para relawan Tim NU Peduli akan merancang rencana selanjutnya, baik dalam masa-masa tanggap darurat seperti saat ini maupun pada proses pemulihannya. Sebab, gempa bumi ini tidak hanya memakan korban jiwa tetapi juga menghancurkan banyak bangunan atau infrastruktur.

Baca juga: Mensos bawa bantuan untuk korban gempa Cianjur di RSUD Sayang

Baca juga: PMI Jakarta Utara galang bantuan untuk korban gempa Cianjur

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022