Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menjamu Senator Australia Malarndirri McCarthy dengan sajian kuliner tradisional khas Makassar saat bertemu di kediamannya di Jalan Amirullah, Makassar, Sabtu.

Beragam kuliner khas Makassar, seperti coto, konro, pallu basa, dan makanan khas laut menambah kehangatan jamuan makan siang yang dibarengi obrolan antara keduanya.

"Makassar ini kota jalur rempah. Makanya kaya akan bumbu-bumbu. Kulinernya tidak perlu dipertanyakan. Banyak varian dan menu yang bisa dinikmati," kata Ramdhan.

Ramdhan mengatakan dirinya sengaja menghadirkan makanan khas Makassar untuk memperkenalkan Kota Makassar yang kaya akan rempah dan terkenal sebagai kota kuliner. Apalagi, tambahnya, warga Australia dengan suku Aborigin memiliki hubungan sejarah cukup panjang dengan warga Makassar beberapa abad lalu.

"Warga Makassar dan Aborigin punya kedekatan emosional sejak beberapa abad lalu dan semoga hubungan ini bisa terjalin dan ditingkatkan nantinya," katanya.

Kunjungan Malarndirri McCarthy ke Makassar merupakan tindak lanjut dari kunjungan Perdana Menteri Anthony Albanese pada Juni 2022 lalu. McCarthy berkunjung ke Makassar setelah Pertemuan Menteri Kesehatan G20 di Bali. McCarthy berada di Makassar untuk mempererat hubungan antara Australia dan Indonesia.

"Orang Makassar dari Sulawesi Selatan mengunjungi dan berdagang dengan Yanyuwa, nenek moyang saya, serta Yolnu dari bagian timur laut Arnhem Land selama ratusan tahun. Ini adalah hubungan yang didasari oleh saling menghormati dan saling menguntungkan," ujar McCarthy.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022