Jakarta (ANTARA) - Beberapa pers menarik terkait kebijakan Pemprov DKI Jakarta dan isu perkotaan lainnya sempat terjadi sepanjang Sabtu (22/10), mulai dari upaya Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencegah gagal ginjal akut hingga Pasar Hewan Barito pascarenovasi.

Berikut ragam berita menarik yang telah dirangkum dan dapat dipilih oleh pembaca.


1. Dinkes DKI libatkan PKK dan posyandu edukasi cegah gagal ginjal akut


Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta melibatkan ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan pos pelayanan terpadu (posyandu) untuk memberikan edukasi pencegahan gagal ginjal akut yang menyerang anak berusia di bawah enam tahun.

"PKK dan segenap kader posyandu di masyarakat bahu membahu untuk memberikan motivasi dan pemahaman masyarakat tentang masalah ini," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti dalam diskusi daring di Jakarta, Sabtu.

Ia mengharapkan semua pihak tergerak memberikan pemahaman kepada masyarakat mengingat kasus gagal ginjal akut misterius yang dilaporkan di Jakarta sejak Januari hingga 20 Oktober 2022 bertambah menjadi 82 kasus.


baca di sini


2. DKI salurkan rak hidroponik ke pesantren dalam rangka hari santri


Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) menyalurkan sarana pertanian perkotaan (urban farming) berupa rak hidroponik ke sejumlah pesantren di Jakarta dalam rangka Hari Santri Nasional 2022.

"Dalam memenuhi kebutuhan pangan, kegiatan urban farming menjadi salah satu solusi yang perlu diupayakan bersama," kata Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono saat menyerahkan bantuan di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu.

baca di sini


3. Tokoh silat Betawi nilai blusukan Heru Budi sebagai kegiatan positif


Jakarta (ANTARA) - Tokoh Masyarakat sekaligus praktisi Silat Betawi dari Jakarta Selatan, H Madani, menilai aksi blusukan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengetahui berbagai persoalan yang dihadapi warga Ibu Kota sebagai kegiatan positif.

"Itu bagus, pemimpin kan musti melihat kenyataan di bawah, lalu di pinggiran itu bagaimana. Jadi dia tahu program pemerintah itu tepat sasaran atau enggak," kata Madani dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

baca di sini



4. Pemkot Jaksel minta pedagang jaga Pasar Hewan Barito setelah renovasi

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan meminta pedagang ikut menjaga fasilitas yang tersedia di Pasar Hewan Barito setelah rampung direnovasi beberapa waktu lalu.

"Setiap pedagang harus menjaga fasilitas yang ada, sosialisasi melalui berbagai media sosial, kelurahan dan kecamatan masif dilakukan untuk menarik pembeli," Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Selatan Dedy Dwi Widodo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.


baca di sini
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022