Agar China bergabung dengan CPTPP harus ada konsensus di antara semua anggota yang ada... Saya rasa belum ada konsensus
Sydney (ANTARA) - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan pada Selasa belum ada konsensus bagi China untuk bergabung dalam pakta perdagangan Trans-Pasifik, meskipun Singapura yakin Beijing akan mungkin memenuhi persyaratan blok perdagangan itu.

Pakta perdagangan Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP) menghapus 95 persen tarif antara 11 anggotanya - Australia, Brunei, Kanada, Chile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, dan Vietnam.

Lima negara lain telah mendaftar untuk bergabung - Inggris, China, Taiwan, Ekuador, dan Kosta Rika. Anggota setuju pada Februari bahwa Inggris dapat melanjutkan permohonannya, ketika negara itu mencari hubungan perdagangan baru setelah meninggalkan Uni Eropa.

Baca juga: Inggris disetuju bergabung dengan pakta perdagangan Trans-Pasifik

Australia telah menyatakan keberatan tentang China, mitra dagang terbesarnya, yang memenuhi persyaratan pakta tentang perdagangan bebas, dan telah mendesak Beijing untuk mencabut sanksi yang dikenakan pada sejumlah produk Australia selama perselisihan diplomatik.

Lee mengatakan kepada wartawan selama kunjungan ke Canberra bahwa Singapura, ketua komite CPTPP, memahami pandangan Australia.

"Saya pikir bagus jika China dapat bergabung dengan CPTPP," katanya, seraya menambahkan bahwa melalui negosiasi Beijing dapat sepenuhnya memenuhi persyaratan pakta itu.

"Agar China bergabung dengan CPTPP harus ada konsensus di antara semua anggota yang ada... Saya rasa belum ada konsensus."

Baca juga: China ajukan diri bergabung ke pakta perdagangan Pasifik

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis setelah pertemuan di Singapura bulan ini, anggota pakta perdagangan mengatakan permohonan Inggris sedang dimajukan, dan pelamar berikutnya perlu menunjukkan "pola yang ditunjukkan untuk mematuhi komitmen perdagangan mereka".

Menteri Perdagangan Australia Don Farrell mengatakan kepada Nikkei Asia pekan lalu bahwa dia tidak percaya ada prospek China bergabung dalam pakta tersebut.

China tahun lalu menulis surat kepada parlemen Australia, mencari dukungan untuk permohonannya, menggambarkan kekuatan perdagangan China dengan Australia dan menghindari penyebutan sanksi hukuman miliaran dolar yang dijatuhkan oleh Beijing.

Amerika Serikat secara resmi menarik diri dari negosiasi pakta pada tahun 2017 di bawah Presiden Donald Trump.

Baca juga: Kanada: tanpa Amerika Serikat, kesepakatan TPP gugur

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022