Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Senin (5/9), mulai dari Presiden Jokowi sambut kedatangan Presiden Filipina di Istana Bogor, hingga Jokowi tanggapi rencana unjuk rasa tolak penyesuaian harga BBM.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Presiden Jokowi sambut kedatangan Presiden Filipina di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan rombongan Presiden Republik Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. beserta sang istri Louise Araneta–Marcos di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin.

Berdasarkan tayangan langsung akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin, Ferdinand Romualdez Marcos Jr. dan Louise Araneta–Marcos tiba di Istana Bogor pukul 10.00 WIB, dengan disambut pasukan berpakaian daerah, pasukan berkuda, hingga marching band yang mengantarkan hingga ke halaman depan Istana Bogor.

Selengkapnya baca di sini.

Indonesia-Filipina perkuat kerja sama perbatasan dan keamanan perairan

Indonesia dan Filipina sepakat memperkuat kerja sama dan keamanan perairan di wilayah perbatasan, yang diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman dengan disaksikan Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. di Istana Bogor, Senin.

"Penguatan kerja sama perbatasan, kami sepakat untuk meninjau kembali dua perjanjian pengamanan perbatasan agar terus relevan bagi masyarakat," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers secara virtual, seperti dipantau melalui akun YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Muhammad Mardiono ditunjuk gantikan Suharso jadi Plt Ketum PPP

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum menggantikan Suharso Monoarfa.

"Saya menerima amanah yang diputuskan dalam rapat pengurus harian untuk mengisi jabatan Plt. Ketua Umum PPP. Atas dukungan dan doa para kiai yang ada di majelis ini, bismillah saya akan bekerja keras agar PPP bisa bangkit di Pemilu 2024," kata Mardiono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


Moeldoko: Program Kartu Prakerja terbukti bermanfaat

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan Program Kartu Prakerja terbukti bermanfaat mengentas pengangguran, memberikan insentif modal usaha, meningkatkan kompetensi, daya saing, produktivitas, dan kewirausahaan.

"Fakta bahwa pelatihan prakerja nyata bermanfaat, yakni tujuh puluh lima persen peserta telah memanfaatkan sertifikat pelatihan prakerja untuk melamar kerja sehingga sepertiga peserta penganggur kini sudah bekerja," kata Moeldoko saat membuka Temu Raya Alumni Program Kartu Prakerja di Madiun, Jawa Timur, secara daring, dari Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


Jokowi tanggapi rencana unjuk rasa tolak penyesuaian harga BBM

Presiden RI Joko Widodo menanggapi rencana unjuk rasa menolak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan dilaksanakan sejumlah pihak, salah satunya elemen buruh, di Jakarta, Selasa (6/9).

"Ya ini kan negara demokrasi," kata Presiden kepada wartawan di sela kegiatannya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022