Jakarta (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) menjalin kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah (pemda) untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di daerah tersebut.

“UT telah diberi amanah oleh pemerintah sebagai perguruan tinggi yang bisa diakses seluruh lapisan masyarakat. Ini merupakan representasi sila kelima Pancasila khususnya pada bidang pendidikan,” ujar Rektor UT Prof Ojat Darojat pada konferensi pers wisuda UT periode II di Tangerang Selatan, Selasa.

Baca juga: UT jalin kerja sama dengan kampus terbuka Pakistan

Dia menjelaskan UT mendukung program-program pemerintah khususnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan bidang lainnya terkait Tridharma Perguruan Tinggi.

"UT melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan sejumlah pemda di antaranya Pemprov Bali, Pemprov Kaltim, Pemkot Tangerang Selatan, dan Pemkot Tebing Tinggi," katanya.

Gubernur Bali Dr Wayan Koster mengatakan kerja sama dengan UT itu terkait dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Pemprov Bali akan mendorong pegawainya yang belum sarjana untuk melanjutkan pendidikan di UT.

Baca juga: UT gandeng Pemkab Merangin perluas akses pendidikan

“Begitu juga masyarakat yang bergerak di sektor swasta maupun yang tidak formal untuk meningkatkan pendidikan tinggi ke jenjang sarjana. Banyak yang belum tahu, dan ini perlu dijelaskan pada masyarakat,” kataKoster.

Selain itu, kata dia, juga kerja sama riset dalam bidang komoditas yang memiliki potensi menjadi komoditas unggulan. "Untuk pengabdian masyarakat, saat ini Pemprov Bali berupaya mengubah pola pikir masyarakat bahwa pembangunan tidak hanya tanggung jawab pemerintah," kata Koster.

Baca juga: UT dorong perluasan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan pihaknya menyediakan beasiswa dengan anggaran per tahunnya mencapai Rp250 miliar. "Kami mendorong para pegawai di lingkungan Pemprov Kalimantan Timur untuk melanjutkan kuliah ke jenjang sarjana di UT," katanya.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022