Incheon (ANTARA) - Forum Samudera Internasional Incheon (IIOF) 2022 dimulai di kota pelabuhan kawasan barat, Incheon, pada Kamis untuk membahas promosi industri maritim secara lebih luas.

Perhelatan yang dilaksanakan pada 21-22 Juli 2022 itu dibuka di Songdo Convensia, Incheon, yang berlokasi sejauh 30 kilometer di barat Seoul.

Pertemuan itu mengangkat tema "Dunia Memanggil, Samudera Melambai". Forum yang diadakan selama dua hari itu mengundang sejumlah ahli di industri maritim dan pebisnis dari seluruh dunia.

Tuan rumah kegiatan itu adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan Korsel bersama pemerintah kota Incheon yang didukung oleh Otoritas Pelabuhan Incheon dan kantor berita Korea Selatan, Yonhap News Agency.

Upacara pembukaan dihadiri oleh Walikota Incheon Yoo Jeong-bok, CEO dan Presiden Yonhap Seong Ghi-hong, dan pejabat lain.

Ahli sejarah, filsuf, dan penulis buku terkenal Yuval Noah Harari menyampaikan pidato utama secara virtual tentang pemanfaatan teknologi secara cerdas untuk kesejahteraan manusia.

Ketua Panel Antarpemerintahan untuk Perubahan Iklim (IPCC) Lee hoe-sung memberikan pidato secara luring tentang peran bagi ekonomi maritim keberlanjutan.

Terdapat lima sesi reguler dalam forum tersebut, termasuk hal tentang perubahan perdagangan iklim global dan masa depan industri pelabuhan dan maritim, serta sesi khusus berkaitan dengan pembukaaan Incheon sebagai pelabuhan.

Penyelenggara menyatakan forum diadakan secara daring dan luring akibat penyebaran COVID-19. Pidato utama dan seluruh sesi akan disiarkan secara langsung.

IPCC adalah organisasi antar pemerintah dari PBB yang bertanggung jawab untuk memajukan pengetahuan tentang perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1988 oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan Program Lingkungan PBB (UNEP).

Sumber: Yonhap-OANA

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2022