Bandung (ANTARA) -
PSS Sleman berhasil melaju ke semifinal usai menumbangkan Persib Bandung lewat adu penalti setelah laga selama 90 menit berakhir dengan skor 1-1 pada perempat final Piala Presiden 2022.
 
Laga perempat final itu digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat. Adapun pertandingan itu digelar tanpa penonton karena sanksi yang diterima Persib.
 
Sebagai tim tuan rumah, Persib mengenakannya seragam berwarna putih dan biru. Sedangkan PSS berseragam hijau-hijau kebanggaannya.
 
Dari komposisi kesebelasan, Persib tampak langsung memainkan tiga pemain timnas yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

Baca juga: Robert sebut tiga pemain timnas jadi amunisi Persib hadapi PSS
 
Sedangkan PSS lebih memilih Dedy Gusmawan sebagai kesebelasan awalnya. Biasanya posisi itu diisi oleh Purwaka, tetapi Purwaka disiapkan di bangku cadangan.
 
Lima menit laga berjalan, kedua tim sama kuat dalam penguasaan bola. Namun PSS tampil lebih menekan ketika kehilangan bola, sedangkan Persib bermain lebih reaktif.
 
Di menit ke-8, PSS memberikan kejutan dengan tembakan jarak jauh Rifky Suryawan. Tembakannya itu nyaris membuka keunggulan, tapi bola masih membentur tiang kanan gawang Fitrul.
 
Berjalan ke menit 15, PSS tampil terus menekan melalui kerjasama antara pemain asingnya yakni Ze Valente dan Wahyu Sukarta.

Baca juga: PSS boyong striker asing anyarnya ke perempat final lawan Persib
 
Sedangkan Persib tampak membangun serangan secara perlahan. Ketika menemui kebuntuan saat menyerang, bola dikembalikan ke lini pertahanan untuk dialirkan kembali kepada Marc Klok.
 
Hingga 20 menit laga berjalan, kedua tim masih saling jual beli serangan. Belum ada peluang-peluang berbahaya yang muncul, baik dari tim Maung Bandung maupun tim Elang Jawa.
 
Menit ke-26, pemain anyar Persib Ricky Kambuaya diganjar kartu kuning karena menjatuhkan pemain PSS yakni Rifky Suryawan.
 
Semenit setelahnya, giliran PSS yang mendapat kartu kuning. Syaiful Ramadhan diganjar kartu kuning karena menjegal Marc Klok ketika Persib berupaya membangun serangan balik. PSS kembali mendapat kartu kuning karena pemainnya yakni Ze Valente melanggar Ricky Kambuaya pada menit 39.
 
PSS nyaris membuka keunggulan dari sundulan Boaz Solossa yang menggetarkan gawang Fitrul. Namun Boaz berada pada posisi offside ketika menerima umpan dari Bagus Nirwanto, sehingga golnya dianulir.
 
Selama laga, Persib tampak lebih dominan membangun serangan lewat sayap kiri dari kerjasama antara David Rumakiek dan Frets Butuan. Begitu pula PSS yang dominan membangun serangan di wilayah yang sama yakni lewat sayap kanannya.

Menginjak menit ke-45, wasit memberikan tambahan waktu selama empat menit. Namun tambahan waktu itu belum bisa membuat salah satu tim menjadi unggul.

Baca juga: Pelatih PSS sebut laga kontra Persib jadi ajang pertajam tim

Selanjutnya : babak kedua

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022