Jakarta (ANTARA News) - Pusat Peragaan Iptek Taman Mini Indonesia Indah meresmikan wahana baru yakni Wahana Robotik untuk melengkapi 15 wahana yang sudah ada seperti Wahana Listrik dan Magnet, Wahana Mekanika, Wahana Matematika dan lainnya.

"Diharapkan makin membuka wawasan dan pengetahuan masyarakat serta meningkatkan pemahaman akan pentingnya sains," kata Direktur PP Iptek TMII Sukro Muhab pada Peluncuran Wahana Robotik sekaligus penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 di TMII Jakarta, Selasa.

Wahana baru tersebut sementara ini berisi lima robot antara lain Bioloid Robo yaitu robot humanoid yang dapat menari dan bermain bola, robot Si Pemburu Api yang merupakan robot berkaki (crawler) yang diprogram untuk dapat mencari keberadaan lampu api untuk dimatikannya.

Robot lainnya adalah Asuro, robot anjing yang dapat berinteraksi dengan manusia serta benda-benda di lingkungan sekitarnya, kemudian Naomi, robot humanoid yang memiliki kesamaan ekspresi dengan manusia dan berinteraksi dengan manusia serta Robot Pengukur Canggih, yakni robot raksasa pengukur tinggi dan berat badan.

Keberadaan robot ini, lanjut Sukro, akan melengkapi lab robotik yang sudah ada dan telah diresmikan tahun sebelumnya.

"Insya Allah PP Iptek juga akan memiliki wahana baru lainnya tahun ini, yakni Klaster Siaga Pandemi Influenza, Jaman Jurasik dan Wahana Dinosaurus akan menyusul," katanya.

Para siswa pengunjung juga bisa belajar tentang perkembangan teknologi robot dan cara mudah membuat robot di Seminar Teknologi Robot dengan nara sumber Pakar Robot dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Indra Adji Sulistiono, katanya.

PP Iptek yang merupakan lembaga unggulan di TMII di bawah koordinasi Kemristek dan telah memiliki 300 alat peraga sains yang terbagi dalam 15 Wahana itu semakin banyak dikunjungi masyarakat, yang puncaknya pada 2011 tercatat 341 ribu pengunjung.

PP Iptek, ujarnya, juga berupaya merealisasikan pelayanan prima kepada pengunjung dengan memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 terkait dengan standar pelayanan bagi kepuasan pengunjung.
(D009)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012