Jakarta (ANTARA News) - Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Newt Gingrich, menghadapi tuntutan hukum karena menggunakan lagu Eye of the Tiger, lagu tema dalam film Rocky III, seperti yang diperlihatkan dokumen pengadilan.

Dia bermasalah dengan pelanggaran hak cipta, diajukan pada Senin waktu setempat oleh Rude Music Inc di satu pengadilan federal Illinois. Gingrich menggunakan lagu tersebut untuk kampanye politiknya.

Pengadilan itu mencatatkan kasus ini sebagai Rude Music Inc V Newt 2012 et al, US District Court, Northern District of Illinois, no 1:12-cv-00640

Pemilik Rude Mucis Inc adalah Frank Sullivan, salah satu penulis lagu latar kemenangan pada Penghargaan Grammy. Sebagai tambahan, Gingrich yang menamai kampanyenya Newt 2012 Inc, dibantu American Conservative Union, satu organisasi advokasi sebagai kuasa hukumnya.

Tuduhan tersebut menyatakan, pelanggaran yang dilakukan Gingrich secara sengaja adalah 'anggun dan berpendidikan' mengingat peraturan hak cipta.

Rude Music Inc telah meminta pengadilan menghentikan penggunaan dari lagu tersebut oleh tergugat, dan sebagai ganti rugi atas kerugian Rude Music Inc.

Juru bicara kampanye Gingrich mengatakan pihaknya tidak dapat memberikan komentar dengan segera.(M048)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012