Tokyo (ANTARA News/AFP) - Gelandang Timnas Jepang dan CSKA Moscow, Keisuke Honda, yang merupakan pemain terbaik Asia 2011, akan bergabung dengan klub Italia, Lazio, dengan transfer sebesar 14 juta euro, demikian warta yang dilansir harian-harian olahraga Jepang pada Minggu.

CSKA dan Lazio hampir mencapai kata sepakat dan akan mendiskusikan detail transfer - senilai 18, 5 juta dolar - setelah Honda (25) menyetujui berbagai klausul kontrak dengan klub asal Roma tersebut, demikian dilaporkan oleh Sports Nippon.

Menyusul kesepakatan antar klub, Honda telah melakukan makan siang dengan presiden Lazio, Claudio Lotito di Roma setelah terbang dari Barcelona, tempat di mana ia menjalani rehabilitasi untuk menyembuhkan cedera lutut kanannya, demikian dikatakan harian tersebut.

Ia diharapkan akan segera menjalani pemeriksaan medis di Lazio, kemungkinan pada Minggu, dan transfernya akan diumumkan secara formal sesegera mungkin. Lazio sendiri dikabarkan sengaja mengosongkan kuota terhadap pemain non Uni Eropa, agar dapat merekrut Honda, kata Sports Nippon.

Beberapa klub besar Inggris, termasuk Liverpool, Arsenal, dan Aston Villa dilaporkan telah menunjukkan ketertarikan pada Honda, ketika ia bermain di Piala Asia pada Januari tahun lalu, ketika Jepang menjuarai ajang tersebut untuk keempat kalinya.

Pada Juni, Juventus dilaporkan telah mengadakan pembicaraan dengan CSKA terkait gelandang tersebut, yang juga sempat dihubung-hubungkan dengan Paris Saint Germain di awal bulan ini.

Setelah empat tahun memperkuat klub Jepang, Nagoya Grampus, dan dua tahun bermain di klub Belanda, VVV Venlo, Honda bergabung dengan CSKA pada Januari 2010, dan menjadi pemain Asia pertama yang mencapai perempat final Liga Champions.

Ia merupakan salah satu aktor utama Timnas Jepang, ketika tim berjuluk Samurai Biru tersebut mencapai babak 16 besar pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.
(H-RF/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012