London (ANTARA News/AFP) - Gelandang Chelsea, Michael Essien, menegaskan pada Jumat, kalau dirinya sudah merasa lebih bugar dan gembira, karena dapat kembali bermain, setelah dirinya dililit cedera lutut serius.

Essien masuk sebagai pemain pengganti saat Chelsea menang 1-0 atas Sunderland di ajang Liga Utama Inggris, Sabtu pekan lalu. Sebelumnya ia harus absen selama enam bulan akibat cedera lutut kanan yang didapatnya ketika menjalani latihan pra musim.

"Ini sudah lama, tetapi saya selalu positif dan saya tahu kalau saya akan kembali dengan lebih kuat," kata Essien (29) kepada Chelsea TV.

"Itulah yang saya lakukan dan saya senang dapat kembali berada di lapangan."

Itu merupakan cedera besar ketiganya dalam tiga tahun terakhir, setelah ia juga absen cukup lama pada musim 2008/2009 dan setengah musim berikutnya, akibat cedera ligamen pada kedua lututnya.

Essien, yang kemungkinan turun sebagai pemain inti pada pertandingan Chelsea berikutnya di Norwich, menambahkan, "Selalu baik untuk kembali setelah cedera panjang, maka saya sangat gembira dapat kembali."

Bintang Ghana ini, yang tidak pulih tepat waktu untuk bergabung dengan timnasnya di Piala Afrika, berkata kalau pihaknya memutuskan untuk `bermain aman`, sebelum ia dapat benar-benar kembali bermain.

"Kami tidak mengejar apapun, kami melaluinya hari demi hari," ucapnya.

"Fisioterapis dan dokterku ada untuk saya, saya telah bekerja keras, dan saya pikir kerja keras itu telah terbayar."
(H-RF/T009) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012