Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa terkait isu perkotaan dan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah dikemas oleh Kantor Berita ANTARA dalam aneka berita menarik pada Senin (13/6).

Isu itu antara lain insentif PBB hingga penanganan parkir liar di Eco Park, Tebet, Jakarta Selatan.

Berikut rangkumannnya. 

1. Insentif PBB di bawah Rp2 miliar untuk masyarakat kecil

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan, insentif Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan nilai jual objek pajak (NJOP) di bawah Rp2 miliar adalah untuk kepentingan masyarakat kecil.

"Kami memberikan keringanan bagi warga (NJOP) yang di bawah Rp2 miliar itu digratiskan. Itu kebijakan untuk kepentingan masyarakat kecil," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin.

Berdasarkan data Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, target PBB Perkotaan dan Perdesaan (PBB-PP) sesuai rencana APBD 2022 mencapai Rp10,2 triliun.
Selengkapnya bisa baca di sini


2. Pemkot Jakbar tarik 96 aset Pemprov DKI dari pengembang

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat sudah menarik 96 aset milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dari pihak pengembang di wilayah tersebut.

"Total Berita Acara Serah Terima Barang atau BAST dari tahun 2016 ke 2021 itu ada 96 dari 121," kata Kepala Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretariat Kota Jakarta Barat (Jakbar), Zikki Zulkarnain saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Puluhan aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu ditarik dari 98 pengembang di wilayah Jakarta Barat.

Aset yang diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat terdiri dari tanah yang luasnya mencapai 1.757.632,62 meter persegi (m2).
Selengkapnya bisa baca di sini


3. Pembangunan JIS sudah 99,58 persen

Jakarta (ANTARA) - Progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), hingga pekan ke-144 telah mencapai 99,58 persen .

"Sekarang sudah pekan ke-144, progres 99,58 persen," kata Manajer Proyek Jakarta International Stadium (JIS), Arry Wibowo saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta Utara, Senin.

Arry menambahkan, pembangunan masih terus berproses, khususnya pada tahap merapikan akses dan area lanskap, hingga proses penyempurnaan lainnya pada daftar pekerjaan yang ada (final checklist).
Selengkapnya bisa baca di sini


4. Wagub DKI janji atasi parkir liar di Tebet Eco Park

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berjanji segera menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait parkir liar kendaraan di kawasan Tebet Eco Park, Jakarta Selatan.

"Terima kasih masukannya, segera akan kami atasi," kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Senin.

Menurut dia, Dinas Perhubungan akan menertibkan parkir liar yang ada di sekitar kawasan taman seluas sekitar 2,5 hektare itu.
Selengkapnya bisa baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022