Surabaya (ANTARA News) - Brigif-1 Marinir menandai hari ulang tahun ke-49 dengan membuka "Mini Market Brigif-1 Marinir" di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, yang semula merupakan toko Primkopal.

"Mini market itu dibuka secata resmi oleh Komandan Brigif-1 Marinir, Kolonel Marinir Amir Faisol, pada 17 Januari lalu," kata Ketua Primkopal Brigif-1 Marinir, Lettu Marinir Taufik Setiawan, di Surabaya, Rabu.

Dengan dibukanya Mini Market itu, katanya, pengurus Primkopal Brigif-1 Marinir mengucapkan terima kasih kepada pimpinan "Outlet Mitra Indogrosir (OMI)" yang telah menjalin kerja sama untuk mendukung tampilan, cara kerja, dan sistem dari toko Primkopal menjadi Mini Market yang modern.

"Mini Market Brigif-1 Marinir yang berlokasi di Yonif-3 Marinir Gedangan, Sidoarjo itu merupakan percontohan, dengan harapan toko-toko Primkopal Brigif-1 Marinir yang berada di Yonif-1 Marinir dan Yonif-5 Marinir bisa dikembangkan menjadi Mini Market pula," katanya.

Dalam pembukaan Mini Market Brigif-1 Marinir yang dihadiri oleh Aspers Kaspasmar-1, Kolonel Marinir Daru Sukendar, Aslog Kaspasmar-1, Kolonel Marinir Listiyarto, dan pejabat Brigif-1 Marinir serta ibu-ibu Jalasenastri itu, Komandan Brigif-1 Marinir mengatakan Mini Market Brigif-1 Marinir yang dikelola oleh Primkopal Brigif-1 Marinir itu merupakan awal perubahan.

"Perubahan dari toko tradisional menjadi toko yang lebih modern dan profesional, sehingga Primkopal Brigif-1 Marinir akan semakin maju, profesional dan semakin dekat dengan anggota," katanya.

Peringatan HUT ke-49 Brigif-1 Marinir dilakukan secara sederhana di lapangan apel Gedangan Sidoarjo pada 17 Januari lalu dengan diawali pengarahan dari Komandan Brigif-1 Marinir.

Brigade Infanteri-1 Marinir lahir pada tanggal 17 Januari 1963 dengan nama awal "Pasukan Komando Armada Satu" yang berkedudukan di Surabaya dengan membawahi tiga batalyon yaitu Batalyon Infanteri-1 Marinir, Batalyon Infanteri-3 Marinir dan Batalyon Infanteri- 5 Marinir.

Pada tanggal 17 Januari 1979, nama Pasukan Komando Armada Satu berubah menjadi "Brigade Infanteri-1 Marinir" dengan dasar Skep Dankormar No. Skep / 14 / IV / 1979 tanggal 17 April 1979, lalu pada tahun 1987 Mako Brigade Infanteri-1 Marinir mulai menempati tempat baru di Gedangan, Sidoarjo. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012