Kolaka, Sultra (ANTARA News) - Base camp milik Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha di Desa Pesouha Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) terbakar sekitar pukul 11:30 WITA menghanguskan salah satu bangunan yang biasanya dijadikan pos penjagaan.

Pelaksana Direktur PD Aneka Usaha Yan Iswan yang didampingi Humas Haning Abdullah di Kolaka Senin mengatakan, kasus terbakarnya salah satu bangunan milik PD Aneka Usaha sudah dilaporkan kepada pihak berwajib.

"Kasus ini sudah kita laporkan kepada pihak kepolisian untuk diselidiki." kata Yan Iswan seraya menambahkan, terbakarnya base camp milik perusahaan itu diduga ada oknum tertentu yang memang sengaja melakukan pembakaran.

Menurutnya, selama ini pihak PD Aneka Usaha tidak mempunyai konflik dengan pihak lain dan motif pembakaran ini juga belum diketahui apa penyebabnya.

"Jelasnya kami tidak punya konflik dengan pihak lain, walaupun ada keamanan yang melakukan penjagaan di lokasi itu namun petugas justru memilih meninggalkan lokasi untuk menghindari konflik," ungkap Haning Abdullah.

Kapolres Kolaka AKBP Rahmat Pamuji mengungkapkan hingga kini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan serta pendalaman kasus kebakaran itu.

"Pelaku pembakaran belum diketahui permasalahannya, untuk sementara masih dalam tahap pendalaman kasus," katanya.

Menurut informasi di lapangan, sekelompok orang yang tidak dikenal membakar tempat itu sekitar pukul 10.00 WITA serta ada 50 warga yang mendatangi lokasi milik PD Aneka Usaha itu.

Beruntung dalam insiden kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa. Selain bangunan, api juga membakar sebuah sepeda motor serta sebuah mesin pompa air.

Untuk mengatisipasi meluasnya kobaran Api, dua unit mobil pemadam kebakaran milik PT Aneka Tambang diterjunkan dan berhasil memadamkan api pada pukul 12.00 WITA.

(A056)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012