Kinerja Camat dan seluruh aparatnya harus ditingkatkan, terutama dalam koordinasi antar Desa dan Kelurahan.
Pangururan, Sumut (ANTARA News) - Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Hatorangan Simarmata meminta Camat Pangururan beserta aparatnya meningkatkan koordinasi antardesa dan kelurahan, agar percepatan pembangunan di daerah tersebut dapat terlaksana secara optimal.

"Kinerja Camat dan seluruh aparatnya harus ditingkatkan, terutama dalam koordinasi antar Desa dan Kelurahan," ujar Hatorangan, di Pangururan, Sabtu.

Untuk tahun 2012, kata dia, Kecamatan tersebut akan dibenahi agar terlihat lebih bagus dengan menata pinggiran pantai serta membersihkan eceng gondok yang mengganggu, sehingga mengundang minat wisatawan.

Menurutnya, diperlukan kerja keras dari seluruh pemangku kepentingan dalam wilayah tersebut dalam mewujudkan Kecamatan Pangururan yang lebih bagus ke depan.

Sebelumnya, saat meresmikan gedung baru kantor Camat Pangururan, Jumat (13/1) Hatorangan menyebutkan, seluruh desa maupun kelurahan akan dievaluasi kembali, termasuk tata kelayakannya, sehingga jika suatu desa telah memenuhi syarat, akan dibentuk menjadi suatu kelurahan.

Sebab, menurutnya hal itu merupakan salah satu cara dalam percepatan pembangunan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Kantor Camat yang diresmikan tersebut, dulunya dimanfaatkan sebagai kantor Koperasi Unit Desa (KUD) dengan luas lokasi sekitar 2.108,93 m2, bangunannya berkisar 249.775 m2 serta bangunan Posko seluas 37,21 m2.

Dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Kabupaten Samosir, Nasib Simbolon menyebutkan, pihaknya akan terus memperjuangkan anggaran pembenahan untuk pembangunan kantor dimaksud.

Untuk itu dia berpesan, supaya bangunan Kantor Kecamatan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Tokoh masyarakat Desa Pardomuan, R Sinaga menyatakan kesiapan warga dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah untuk kemajuan dan percepatan pembangunan di Kabupaten Samosir.

"Pelayanan Camat Pangururan terhadap masyarakat yang selama ini cukup baik kiranya tetap dipertahankan serta ditingkatkan," katanya.

(KR-JRD/Y008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012