Manado (ANTARA News) - Sebanyak 45.590 siswa di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) akan menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2012 yang dianggarkan sebesar Rp44,36 miliar.

"Dana BOS ini akan diberikan kepada 23.570 siswa Sekolah Dasar (SD) dan 22.020 siswa SMP yang terdaftar di Manado termasuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI)," kata Kepala Dinas Pendidikan Manado Dante Tombeg, di Manado, Jumat.

Tombeg mengatakan untuk SD yang menerima dana BOS ini sebanyak 272 termasuk MI dan SMP sebanyak 97 termasuk MTs baik negeri maupun swasta dan dananya langsung disalurkan dari Dinas Pendidikan Nasional provinsi.

Tombeg mengatakan dana BOS ini akan disalurkan langsung melalui rekening kepada sekolah mulai Januari 2012 ini dan akan digunalkan untuk berbagai keperluan kebutuhan para siswa mulai dari pengadaan alat tulis hingga yang lainnya.

Tombeg mengatakan mulai 2012 ini, Sekolah Menengah Atas (SMA) dan SMK termasuk Madrasah Aliyah juga menerima dana BOS walaupun tidak sebesar untuk siswa SD dan SMP.

"Untuk siswa SMA sederajat yang akan menerima dana BOS sedang didata, tetapi semua SMA sederajat termasuk MA menerima yang dianggarkan sebesar Rp125 ribu per siswa setiap tahun, ditambah dengan BOS daerah yang dianggarkan dari provinsi juga sebesar Rp125 ribu, setiap tahun jadi total sekitar Rp250 ribu tiap tahun untuk setiap siswa," kata Tombeg.

Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado dari Partai Keadilan dan Persatuan (PKS) Manado, Amir Liputo, mengatakan sekarang pemerintah memang membuat kebijakan baru dengan menyalurkan dana BOS dari Diknas Provinsi.

"Ini dilakukan sebab setelah dievaluasi penyaluran yang dilakukan di kabupaten dan kota ternyata banyak yang bermasalah sebab itu untuk mengurangi masalahnya disalurkan dari provinsi dan langsung ke rekening kepala sekolah," kata Liputo.

Liputo mengatakan untuk penyaluran ini, meskipun penyaluran ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan Nasional provinsi tetapi penyaluran dan pemanfaatannya akan tetap mereka awasi di lapangan untuk menghindari semua bentuk kecurangan dan penyimpangan di lapangan.

Penyaluran dana BOS untuk SMA dan SMK baru mulai diberlakukan tahun ini dan di Manado, untuk sementara akan diberikan kepada 10.846 siswa SMA dan 10.858 siswa SMK. (A034/D009)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012