Wisatawan domestik memang masih lebih dari 50 persen dibanding wisatawan asing. Karena itu jika penerbangan langsung dari tiga negara saja dapat terbuka jumlahnya akan cepat meningkat.
Manado (ANTARA News) - Perusahaan penerbangan Batavia Air akan melakukan penerbangan perdana melayani rute Manado-Guangzhou, China, pada 22 Januari 2012.

"Tanggal 22 ini (Januari), Batavia Air akan mulai penerbangan langsung ke Guangzhou, China," kata Gubernur Sulawesi Utara,Sinyo Harry Sarundajang, di Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado, Selasa.

Gubernur Sinyo Harry Sarundajang berharap perusahaan penerbangan nasional lainnya yakni Lion Air juga menyusul membuka rute penerbangan dari Manado langsung ke Guangzhou, China, dalam waktu dekat.

Gubernur Sulawesi Utara yakin jalur penerbangan langsung dari Manado ke China tersebut akan semakin menggairahkan pariwisata Sulawesi Utara dan sekitarnya.

"Wisatawan domestik memang masih lebih dari 50 persen dibanding wisatawan asing. Karena itu jika penerbangan langsung dari tiga negara saja dapat terbuka jumlahnya akan cepat meningkat," ujar dia.

Ia berharap dari penjajakan yang terus diupayakan akan ada penerbangan langsung paling tidak dari China, Taiwan, Thailand, Jepang, dan Filipina.

"Dengan Filipina hanya satu jam penerbangan dari Manado. Dua lokasi paling tidak, Davao dan Cebu, kalau Manila masih terlalu jauh," katanya.

Namun menurut Sinyo Harry Sarundajang , penerbangan langsung dari Manado ke Filipina yang tertunda ini akan segera terlaksana pada 2012, karena sudah ada perusahaan daerah yang telah melakukan kerja sama dengan perusahaan penerbangan Silk Air.(V002)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012