Madrid (ANTARA News/AFP) - Real Madrid memperbesar keunggulan mereka di puncak klasemen Liga Utama Spanyol (La Liga) terhadap Barcelona dengan  selisih enam poin setelah pertandingan Sabtu yang mengalahkan 5-1 atas Granada.

Tekanan itu saat ini dirasakan oleh sang juara liga, Barcelona, yang masih bangga dengan keuntungan psikologis setelah mengalahkan Real bulan lalu, ketika mereka nanti bertemu di Espanyol, Minggu.

Pelatih Real Jose Mourinho berjanji tidak akan ada lagi penampilan buruk di babak pertama seperti dalam pertandingan Piala Raja melawan Malaga pada pertengahan pekan lalu ketika mereka harus mengejar ketertinggalan mereka hingga meraih kemenangan 3-2.

Tetapi ini masih menjadi 45 menit pertama yang sulit dengan keberuntungan tim itu untuk unggul 2-1 hingga waktu turun minum.

Cristiano Ronaldo dan Mesut Ozil bekerjasama untuk mengirim umpan matang kepada Karim Benzema yang menembakkan gol pertama bagi tim tuan rumah tersebut, namun Granada segera membalasnya dari serangan pertama mereka dengan Mikel Rico yang tidak terkawal menandukkan gol dari pojok lapangan pada menit ke-22.

Dengan pertahanan Real yang kembali lemah, Granada hampir unggul setelah mereka berhasil menggiring bola ke daerah lawan tetapi tembakan Rico masih terlalu lemah sehingga dapat diselamatkan dengan baik oleh kiper Real Iker Casillas.

Sergio Ramos kemudian menandukkan gol kedua bagi Real yang kembali unggul pada menit ke-34.

Pada menit pertama babak kedua, Gonzalo Higuain dan Benzema masing-masing menyarangkan daru gol dan harapan Granada untuk bisa menyamakan kedudukan lenyap ketika Ronaldo mencetak gol kelima Real pada menit ke-89.

"Gol ketiga setelah istirahat itu adalah kuncinya," ujar asisten pelatih Real Aitor Karanka.

Sementara pelatih Granada Fabri Gonzalez merasa bahwa timnya tidak bermain dengan tenang setelah babak kedua yang terbukti sangat penting.

"Semua selesai setelah terjadinya gol ketiga dan kemudian kami memperburuknya dengan masuknya gol keempat tetapi sebelum itu pertandingan berlangsung cukup kompetitif," ujarnya.

Pada pertandingan Sabtu itu pula, Levante bermain imbang 0-0 melawan Mallorca, tetapi masih unggul empat poin atas Osasuna yang menempati posisi kelima yang juga ditahan imbang Real Sociedad 0-0.

(A016/T009) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012