Ternate (ANTARA News) - Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) 2012 untuk wilayah timur yang meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua.

Kadispora Ternate, Marus Adam, di Ternate, Minggu, mengatakan bahwa LPI wilayah Timur tersebut dijadwalkan digelar di Ternate pada pertengahan 2012.

Ternate dipilih sebagai tempat penyelenggaraan wilayah Timur, karena keberhasilan SMK Bina Informatika (Binter) Ternate menjuarai LPI tahun 2011 di Bandung.

Menurut dia, Dispora Ternate telah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan penyelenggaraan LPI wilayah Timur di Ternate tersebut, termasuk dalam persiapan atlet yang akan diikutkan pada kegiatan itu.

Dispora Ternate akan menggelar Liga Sepak Bola pada Februari 2012 untuk menjaring pemain berbakat di daerah ini yang nantinya diikutkan mewakili Ternate seleksi di tingkat provinsi.

"Target kami adalah salah satu sekolah di Ternate kembali mewakili Malut pada LPI wilayah Timur sekaligus menjuarai wilayah Timur dan pada putaran final LPI 2012," katanya.

Sementara itu, pihak SMK Binter juga terus melakukan berbagai persiapan untuk mempertahankan juara LPI pada 2012 di antaranya dengan menggelar seleksi pemain.

Ketua Yayasan SMK Binter Yunus Abas, ketika dikonfirmasi menyatakan, SMK Binter telah menjalin kerjasama dengan Sekolah Sepak Bola Tunas Gamalama untuk mempersiapkan pemain yang akan diikutkan dalam kompetisi LPI nanti.

SMK Binter Ternate merupakan salah satu sekolah di daerah ini yang mampu mencetak sejumlah pemain berbakat dan mampu menyumbang sejumlah pemainnya bagi Malut dalam berbagai ajang regional maupun nasional.

Untuk itu, ia mengharapkan adanya dukungan dari Pemkot Ternate serta pihak terkait lainnya dalam upaya mensukseskan target SMK Binter untuk mempertahankan juara LPI pada tahun 2012, di antaranya dukungan dalam bentuk penyediaan berbagai sarana pendukung seperti bola dan lapangan untuk latihan.
(T.KR-AF/F002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012