Bogor (ANTARA News) - Sebanyak 54 gereja di Kota Bogor, Jawa Barat, yang akan melaksanakan perayaan ibadah Natal secara serentak mulai Sabtu malam tampak dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

"Ada 54 gereja yang akan melaksanakan perayaan Natal di Kota Bogor. Jumlah ini terdiri dari dua gereja besar, 11 gereja sedang dan 41 gereja kecil," kata Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Bogor Kota, Kompol Irwansyah, di Bogor, Sabtu.

Irwansyah mengatakan, 54 gereja tersebar di seluruh kecamatan di Kota Bogor. Gereja-gereja tersebut telah mengantongi izin keramaian untuk merayakan Natal.

Sejumlah personel keamanan telah dikerahkan untuk melakukan pengamanan di 54 gereja tersebut.

"Untuk mendukung keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru kami menggelar Operasi Lilin Lodaya 2011 yang akan berlangsung selama 10 hari mulai dari Jumat (23/12) hingga 2 Januari mendatang," kata Irwansyah.

Irwansyah mengatakan, 1.380 personel terdiri dari anggota gabungan dari kepolisian, TNI, DLLAJ, Satpol PP maupun unsur masyarakat.

"Kami mengerahkan dua pertiga kekuatan yakni 750 orang personel, sisanya 630 orang berasal dari unsur TNI, Brimob Kedung Halang, Satpol PP, DLLAJ, Pemadam Kebakaran, Kesehatan, pramuka, Orari, Polmas Raya dan PMI," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain gereja, tempat-tempat hiburan, seperti pusat perbelanjaan dan tempat wisata juga menjadi sasaran pengamanan petugas.

Terdapat empat tempat wisata dan 18 lokasi pusat keramaian yang tersebar di wilayah Kota Bogor.

"Tempat keramaian menjadi prioritas kami dalam pengamanan operasi Lilin Lodaya ini, karena lokasi tersebut rawan terjadi tindak kriminalitas," katanya.

Menurut Irwansyah, peningkatan kegiatan masyarakat selama Natal dan Tahun baru bila dikaitkan perkembangan Ipoleksosbudkam dapat menimbulkan permasalahan aktual yang perlu mendapat perhatian.

Konsentrasi massa pada saat perayaan Natal dana TahunBaru dapat menimbulkan kerawanan potensi gangguan hingga gangguan nyata seperti kejahatan konvensional, kejahatan trans, kejahatan yang berimplikasi kontinjensi dan kejahatan terhadap kekayaan negara.

Dikatakannya, Operasi Lilin Lodaya 2011 ini juga dibantu dengan didirikannya 11 Pos PAM dan dua Pos wisata.

Sejumlah gereja telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan misa Natal malam yang akan dimulai pukul 17.00 WIB, seperti Gereja Katedral jalan Kapten Muslihan dan Ziboth Jalan Juada, persiapan sudah siap untuk perayaan misa natal, dan sejumlah aparat juga sudah terlihat berjaga-jaga di gereja.
(T.KR-LR)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011