Brasilia (ANTARA News) - Institut Lingkungan Brazil Jumat memerintahkan raksasa minyak AS Chevron agar membayar denda lain terkait tumpahan minyak awal November di lepas pantai Rio de Janeiro.

Badan itu, yang dikenal sebagai Ibama, memerintahkan Chevron agar membayar 5,4 juta dolar AS karena gangguan dalam rencana kedaruratan perusahaan itu. Ibama sembelumnya mendenda Chevron 28 juta dolar AS akibat kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh tumpahan minyak, lapor AFP.

Badan itu mengatakan pihaknya menemukan "ketiadaan peralatan di kapal darurat dan penundaan pada saat respon pertama terhadap tumpahan itu," kata pernyataan itu.

Jaksa sebelumnya mengumumkan tindakan hukum terhadap Chevron, unit Brazilnya dan Transocean, menuntut 11 miliar dolar AS atas tumpahan bulan lalu di sumur produksi di lapangan Frade, 370 kilometer lepas pantai negara bagian Rio de Janeiro. Sumur itu terletak 1.200 meter di bawah permukaan samudera.

Badan Perminyakan Nasional yang dikelola negara memperhitungkan sekitar 3.000 barel minyak mentah tumpah.

Pihak berwenang menangguhkan seluruh operasi pemboran Chevron pada 23 November dan menolak akses ke lapangan lepas pantai baru yang besar, yang badan perminyakan nasional Brazil katakan memiliki cadangan yang dapat melampaui 100 miliar barel minyak kualitas tinggi yang dapat diambil. (K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011