Medan (ANTARA News) - Pembalap nasional Doddy yang berpasangan dengan Prihatin Kasiman berhasil meraih juara umum pada Kejuaraan "Speed Road 2011" yang digelar di Sirkuit Cemara Abadi Medan, 3-4 Desember tahun ini.

Pembalap Doddy/Prihatin yang mengikuti kelas J3-2501 S/D 4500 CC dalam perlombaan yang dilaksanakan selama dua hari itu (Sabtu dan Minggu) menorehkan catatan waktu 15:30,560.

Sebelumnya, pasangan pembalap Doddy/Kasiman di lintasan spesial stage (SS) 1 meraih waktu 07:44,180 dan SS-2 07:46,380.Sedang posisi kedua adalah pembalap Ijeck/Uche 15:38,730, SS-1 (07:47,380) dan SS-2 (07:51,350).

Ijeck adalah pembalap nasional yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara.

Posisi ketiga, pembalap Simon dengan total waktu 16:31,570, pada lintasan SS-1 (08:10,660) dan SS-2 (08:20,910) dan keempat adalah pembalap Idham/S.Hanif catatan waktu 17:34,880, yakni di SS-1 (08:44,340) dan SS-2 (08:50,540).

Pembalap Doddy/Kasiman yang terpilih sebagai juara umum itu, membawa Piala Wali kota Medan Rahudman Harahap.

Wali kota Medan Rahudman Harahap dalam sambutannya mengatakan, ia merasa bangga dengan prestasi dan kemampuan yang dimiliki pembalap-pembalap dari daerah ini, ke depan diharapkan kejuaraan "Speed Off Road dan Enduro Cross 2011" semakin di tingkatkan bobotnya.

Kegiatan yang digelar ini, menurut dia, murni olahraga dan tidak ada hal-hal yang lain di luar kepentingan olahraga.

Oleh karena itu, ia berharap para pembalap yang ikut dalam kejuaraan ini dapat meningkatkan prestasi dan pengalaman,sehingga ke depan mampu menjadi pembalap nasional.

"Kita juga merasa bangga bahwa di daerah ini ada sirkuit balapan bertarap nasional, dan perlu lebih diperkenalkan lagi bagi para pembalap di luar daerah ini," katanya.

Rahudman mengatakan, dengan digelarnya berbagai kejuaraan di Sirkuit Cemara Abadi ini, berarti juga akan memberikan keuntungan bagi masyarakat di daerah ini.

"Sekecil apa pun bentuk keuntungan yang kita berikan, yang penting bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu Ketua Umum IMI Sumatera Utara, Ijeck mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menggelar kejuaraan ini, karena kegiatan ini juga sekaligus untuk menguji ketrampilan para pembalap.

Selain itu, katanya, kegiatan perlombaan ini juga sekaligus mencari bibit pembalap muda yang nantinya akan dibina oleh IMI Sumut.

"Jadi kegiatan lomba balap ini bukan diselenggarakan IMI Sumut, tetapi klub-klub balap yang ada di daerah ini.IMI Sumut hanya menyediakan sarana sirkuit balap bagi mereka," kata Ijeck.


Doni Ginting Juara Umum

Sementara itu, di tempat yang sama,Dani Ginting dari Team XTrim Medan meraih juara umum Kejuaraan "Enduro Cross 2011" dengan memperoleh hadiah satu unit televisi dari panitia penyelenggara kejuaraan tersebut.

Hasil rincian para pemenang: Kelas 4 Tak, juara I Welianto (Monstrack Asahan), juara II Alex (XTrim Medan), juara III Suntoro Lee (Cahroad Aceh), juara IV dan V M Ichwanul Akbar (Medan) dan Rahmad (Cahroad Aceh).

Di kelas 2 Tak, juara I Dani Ginting (XTrim Medan), juara II, M Ichsan Batubara, juara III Heru Novriza (XTrim Medan), juara IV dan V Braja dan Soni De Kock (Medan).

Di kelas FFA, juara I Sony , juara II Dani Ginting (XTrim Medan), juara III Soni De Kock (Medan), juara IV dan V masing-masing M Ichwanul Akbar (Medan) dan Hok Lai (XTrim Deli Serdang).

Para pemenang perlombaan tersebut juga diberikan hadiah oleh panitia penyelenggara.

Kejuaraan "Speed Off Road dan Enduro Cross 2011) diikuti 147 pembalap roda dua dan empat, dilaksanakan atas kerja sama XTrim Indonesia, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Indonesian Off Road Federation (IOF), Pemkot Medan dengan memperebutkan Piala Wali Kota Medan Rahudman Harahap. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011