London (ANTARA News) - Manchester City dapat menutup akhir pekan ini dengan kunggulan delapan poin di puncak klasemen Liga Inggris, sehingga pasukan Roberto Mancini pun akan selangkah lebih dekat ke gelar liga perdana mereka sejak 1968.

Superioritas mereka akan terlihat, jika mereka memenangi laga kandang melawan Norwich, sementara rival sekaligus juara bertahan, Manchester United, gagal memetik poin saat melawat ke markas Aston Villa.

Dengan sebelas kemenangan dan dua kali imbang dari 13 pertandingan pembuka liga, City - yang mengalahkan Arsenal pada pertandingan perempat final Piala Liga pada tengah pekan - sangat sulit ditaklukkan pada kompetisi domestik musim ini.

Kondisi ini membuat pemilik City, Sheikh Mansour, mengingatkan pada pasukannya untuk selalu berkonsentrasi penuh dalam menghadapi calon-calon lawan.

"Kami harus waspada dengan hasil seperti ini yang dapat menjadi pedang bermata dua - itu membuat (tim-tim) yang lain melihat pada anda dengan berbeda, dan mempersiapkan diri mereka untuk jalan terbaik yang mereka bisa," kata Sheikh Mansour kepada surat kabar Al Ittihad.

"Tetapi siapa yang menginginkan memenangi kejuaraan dan trofi harus beradaptasi dengan hal itu, dan bersiap menghadapi tantangan."

Di Liga Champions, City masih kesulitan menampilkan permainan terbaiknya, mereka bahkan kemungkinan tidak dapat meloloskan diri dari babak penyisihan grup. Meski demikian, Mansour mengatakan kalau kesuksesan domestik merupakan prioritas utamanya musim ini.

"Kami tidak boleh melupakan kalau tujuan utama kami adalah memenangi Liga Utama Inggris, dan jika kami dapat mencapainya, maka itu akan berdampak pada tim dan klub secara keseluruhan, dan akan menunjukkan kalau kami dapat mencapai apapun."

United akan mencoba melupakan kekalahan dari tim divisi satu Crystal Palace di Piala Liga, saat mereka melawat ke Villa Park.

Sir Alex Ferguson mengkritik penampilan timnya pada laga kontra Palace dengan menyebut: "itu bukan performa Manchester United." Sementara bagi Ashley Young, pertandingan Sabtu akan menjadi spesial karena pada musim panas lalu, ia didatangkan dengan transfer sebesar 16 juta pounds dari Villa.

Pelatih Chelsea yang sedang berada dalam tekanan, Andre Villas-Boas, berjanji akan kembali menerapkan gaya permainan yang membuatnya mampu memberi tiga gelar pada FC Porto musim lalu, saat Si Biru menantan tim peringkat keempat, Newcastle United.

"Filosofi itu bukan kanker," kata Villas-Boas, yang timnya baru dikalahkan untuk kedua kalinya oleh Liverpool musim ini, di pertandingan Piala Liga, pada tengah pekan.

Selain Villas-Boas, sosok lain yang juga sedang tidak populer di Chelsea adalah kapten John Terry, yang sedang kemungkinan akan dijatuhi denda oleh penuntut akibat tuduhan melakukan pelecehan rasial terhadap bek Queens Park Rangers, Anton Ferdinand.

Tim peringkat ketiga, Tottenham Hotspur, yang tertinggal tujuh poin dari City, akan mencoba meneruskan penampilan impresif mereka ketika menjamu Bolton Wanderers.

Penyerang Spurs, Jermain Defoe, menegaskan kalau memenangi gelar bagi timnya, bukanlah impian kosong.

"Dapatkah kami memenangi gelar? Sang manajer (Harry Redknapp) berpikir kalau kami bisa. Itu hebat dan saya tidak melihat (alasan) kenapa tidak bisa."

Sementara itu, tim penghuni dasar klasemen, Blackburn Rovers, akan menjamu Swansea, sedangkan QPR berhadapan dengan West Bromwich Albion, dan Arsenal melawat ke markas Wigan Athletic.

Pada Minggu, Sunderland akan menjalani laga perdana tanpa didampingi pelatih Steve Bruce yang baru dipecat, mereka akan berhadapan dengan sesama tim papan bawah, Wolverhampton. Sementara Everton akan berhadapan dengan Stoke City.

Liverpool, yang tidak dapat diperkuat gelandang Lucas Leiva sampai akhir musim, akan bertandang ke markas Fulham pada Senin, demikian AFP melaporkan.

Jadwal

Sabtu: Aston Villa vs Manchester United (1730GMT), Blackburn vs Swansea, Manchester City vs Norwich, Newcastle vs Chelsea (1245GMT), QPR vs West Brom,Tottenham vs Bolton, Wigan vs Arsenal
Minggu: Everton vs Stoke, Wolverhampton vs Sunderland (1600GMT)
Senin: Fulham vs Liverpool (2000GMT)

(SYS/H-RF/I015)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011