Berlin (ANTARA News) - Aksi terkoordinasi oleh bank-bank sentral global untuk menopang sistem keuangan bukan solusi jangka panjang untuk krisis utang zona euro, Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengatakan Kamis.

"Masalah utama dengan pasar keuangan adalah bahwa mereka terutama bereaksi terlambat dan dalam gaya berlebihan. Kami melihat contoh hebat di pasar kemarin," kata Schaeuble kepada wartawan, lapor AFP.

"Tidak ada, selain dari beberapa editor media ... percaya bahwa keputusan bank sentral merupakan solusi untuk masalah ini," tambahnya.

Dalam sebuah langkah mengejutkan pada Rabu, Bank Sentral Eropa, Federal Reserve AS dan empat bank sentral utama lainnya mengambil tindakan untuk mengurangi tekanan pembiayaan bagi bank-bank, mengirimkan pasar dunia naik tajam.

Mereka mengatakan, mereka menurunkan biaya dari pengaturan yang memungkinkan bank-bank komersial untuk meminjam dolar dari mereka, serta memperluas kerangka waktu operasi.

Para pedagang bereaksi dengan euforia karena hal itu banyak menghapus kekhawatiran likuiditas langsung atas bank-bank Eropa, mendorong pasar Jerman naik hampir lima persen dan mengirim Wall Street naik dengan jumlah yang sama.

Tetapi berita itu juga menggarisbawahi situasi genting di zona euro, karena para pemimpin masih bergulat untuk datang dengan solusi yang komprehensif bagi masalah utang dan defisit besar yang dihadapi sejumlah negara. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011