Jakarta (ANTARA) - Shivkumar Sharma, musisi klasik Hindustan dan salah satu komposer dari beberapa soundtrack film Bollywood meninggal pada Selasa (10/5) di Mumbai, India dalam usia 84 tahun.

Dikutip Variety pada Selasa, Sharma, yang dipanggil sebagai Pandit yang terhormat, menderita penyakit ginjal selama enam bulan terakhir dan akhirnya meninggal karena serangan jantung.

Lahir di Jammu, India Utara, Sharma menjadi pemain instrumen klasik santoor. Ia sudah dikenal di kalangan musik Hindustan, dan menjadi populer secara internasional pada tahun 1967 ketika dia merekam album "Call of the Valley" bersama kolaborator lama flautist Hariprasad Chaurasia dan gitaris Brij Bhushan Kabra untuk EMI.

Sementara karir musik klasik mereka berkembang, Sharma dan Chaurasia juga menggubah beberapa soundtrack film Bollywood untuk pembuat film terkemuka Yash Chopra, dimulai dengan "Silsila" (1981), dibintangi oleh Shashi Kapoor, Amitabh Bachchan, Rekha, Jaya Bachchan dan Sanjeev Kumar.

Baca juga: Cerita aktor Bollywood Salman Khan selamat dari gigitan ular

Dengan nama Shiv-Hari, mereka menyusun tujuh soundtrack lagi untuk Chopra termasuk "Faasle" (1985), "Vijay" (1988), "Chandni" (1989), "Lamhe" (1991), "Parampara" (1993) dan "Darr" (1993), yang merupakan film terobosan untuk mega bintang Bollywood Shah Rukh Khan.

"Sahibaan" (1993), disutradarai oleh mantan direktur asosiasi Chopra Ramesh Talwar, adalah satu-satunya film yang dibuat Shiv-Hari di luar spanduk Yash Raj Films.

Duo Shiv-Hari dinominasikan untuk penghargaan Filmfare bergengsi dalam kategori musik untuk "Silsila", "Chandni," "Lamhe" dan "Darr".

Penghargaan dari India yang diberikan kepada Sharma termasuk Penghargaan Sangeet Natak Akademi pada tahun 1986, Padma Shri pada tahun 1991 dan Padma Vibhushan pada tahun 2001.

Sharma meninggalkan istrinya Manorama dan putranya Rahul, yang juga merupakan pemain santoor terkenal dan Rohit, seorang eksekutif Bollywood.

Perdana Menteri India Narendra Modi turut mengucapkan bela sungkawa atas kepergian Sharma melalui laman Twitter.

"Dunia budaya kita menjadi berkurang dengan kematian Pandit Shivkumar Sharma Ji. Ia mempopulerkan Santoor di tingkat global. Musiknya akan terus memikat generasi mendatang. Saya sangat ingat interaksi saya dengannya. Belasungkawa untuk keluarga dan pengagumnya. Om Shanti," ujar Narendra Modi.

Baca juga: Dianggap provokatif, Singapura larang film "The Kashmir Files"

Baca juga: Bintang Bollywood Alia Bhatt dan Ranbir Kapoor menikah

Baca juga: Penyanyi Bollywood Lata Mangeshkar meninggal dunia

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022