Washington (ANTARA News) - Presiden Barack Obama pada Senin mengatakan, Amerika Serikat siap untuk membantu memecahkan masalah fiskal Eropa, menyusul pertemuan puncak dengan para pemimpin Uni Eropa yang didominasi oleh krisis zona euro.

"Amerika Serikat siap mengambil bagian untuk membantu  menyelesaikan masalah," kata Obama setelah menjadi tuan rumah pertemuan dengan perwakilan Uni Eropa di Gedung Putih.

"Ini sangat penting besar bagi perekonomian kami. Jika Eropa mengalami kontraksi, atau jika Eropa mengalami kesulitan, maka jauh lebih sulit bagi kami untuk menciptakan lapangan pekerjaan di dalam negeri," katanya seperti dikutip AFP.

Obama menjadi tuan rumah yang menyambut kehadiran Presiden Dewan Eropa Herman Van Rompuy, Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso, Perwakilan Tinggi Catherine Ashton dan para pejabat lain untuk pembicaraan dan makan siang di Gedung Putih.

Dalam  pernyataan bersama kedua belah pihak mengatakan mereka akan mengambil "semua langkah yang diperlukan" untuk mengakhiri krisis utang di benua itu.
(A026)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011