Pekanbaru (ANTARA News) - Banjir bandang Minggu malam menyebabkan sebuah dam di Desa Subayang Jaya, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, hancur, 4000 meter pipa air bersih pecah, lima ton getah karet hanyut, dan enam rumah dikhawatirkan longsor bila hujan terus mengguyur.

Selain itu, 4000 batang bibit karet yang siap tanam juga ludes tersapu air bah, kebun karet seluas 5 hektare rusak, 1 unit rumah rusak berat, dan 5 unit sampan hanyut, kata Arif, warga Subayang Jaya yang dihubungi.

Banjir juga menggenangi sembilan desa lainnya yakni Desa Aur Kuning, Desa Gajah Bertalut, Desa Batu Sanggan, Tanjung Beringin, Muara Bi, Pengakalan Serai, Terusan, Tanjung Belit, dan Desa Tanjung Belit Selatan meski kerusakan yang ditimbulkan belum dilaporkan.

Di Desa Batu Sanggan, perpustakaan tersapu lumpur, "Sementara ini warga selalu was-was dan siaga kalau-kalau banjir bandang datang lagi dan saat ini warga ada yang mengungsi dan mencari tempat dataran yang lebih tinggi," kata Dodi, ketua organisasi pemuda di Desa Batu Danggan.

Kerugian yang ditimbulkan akibat bencana banjir itu ditaksir mencapai miliaran rupiah.

(ANT-325)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011