Addis Ababa (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Deputi Perdana Menteri Ethiopia dan Menteri Luar Negeri, Hailemariam Desalegn, mengatakan di Addis Ababa pada Rabu bahwa Ethiopia akan terus memperkuat dukungan semua bidang yang sedang berlangsung ke Somalia.

Ketika membahas dengan delegasi yang dipimpin oleh Ketua Parlemen Pemerintah Federal Transisi Somalia (TFG), Sheikh Sharif Hassan Sheikh Aden, Hailemariam mengatakan bahwa Etiopia akan lebih meningkatkan dukungannya untuk menjaga perdamaian dan keamanan di Somalia melalui Otoritas Antarpemerintah tentang Pembangunan (IGAD).

Dia mengatakan, tindakan terhadap Al-Shabab akan diambil bersama-sama dengan negara-negara anggota IGAD, Uni Afrika dan masyarakat internasional, kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Dina Mufti.

Hassan Sheikh Sharif Sheik Aden mengatakan kepada wartawan setelah pembicaraan, bahwa pembahasan difokuskan pada isu yang berkaitan dengan kekeringan saat ini dan keamanan di Somalia.

Ia mengatakan, pembahasan yang juga diadakan berkaitan dengan pelaksanaan kesepakatan yang dicapai di Kampala, Uganda, untuk mengakhiri kekacauan di Somalia dan juga cara-cara untuk bekerja sama memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

Ketua parlemen meminta Ethiopia dan negara-negara anggota IGAD untuk memberikan bantuan bagi pemilihan umum yang akan diselenggarakan tahun depan di Somalia.
(Uu.H-AK/A023)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011