Palembang (ANTARA News) - "Aku Cinta Padamu", "Aku Suka Padamu", "Selamat Sore", dan "Cantik", menjadi empat kata yang fasih diucapkan atlet sepak takraw SEA Games XXVI asal Filipina, Jason.

Selama sepuluh hari di Palembang, Sumatera Selatan, menurut Jason, Minggu, telah hapal di luar kepala mengucapkan empat kata tersebut.

Meskipun nada bicara terasa kurang pas dengan ekspresi, tapi ucapan Jason itu cukup membuat senang lawan bicaranya.

Jason mengucapkan kata, "Aku Cinta Padamu", dengan ekspresi yang sangat datar, sehingga sangat terlihat kontras dengan makna sebenarnya.

"Saya tanya `I Love You` apa dalam bahasa Indonesia," ujar atlet 18 tahun ini, mengisahkan awal ketertarikan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Indonesia itu.

Menurut dia, rekan sesama atlet Indonesia yang mengajarkannya.

"Awalnya semua tertawa, tapi sekarang mereka angkat jempol jika setiap bertemu saya menyebutkan kata-kata itu," ujar dia lagi.

Jason menjadi satu dari ribuan atlet yang merasa kerasan selama berada di Palembang.

Bisa jadi, karena SEA Games kali ini menjadi kali pertama buatnya.

"Everything is good. I Really comfortable here (Semua bagus. Saya sungguh nyaman di sini, Red)," kata Jason, dengan bahasa Inggris yang fasih.

Jason merupakan lulusan sekolah menengah atas di Filipina.

Menurut dia, penggunaan bahasa Inggris bukan suatu yang sulit karena kerapkali dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Jason pun akhirnya dapat berkomunikasi secara mudah dengan para petugas, liaison officer (pemandu), penonton, dan wartawan asal Indonesia, karena kecakapannya berbahasa Inggris itu.

"Nanti saya akan ke Palembang lagi, ikut World Superseries pada Februari 2012," kata peraih medali perunggu nomor double ini sepak takraw ini pula.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011