Washington (ANTARA News) - Standard & Poor`s pada Senin mengatakan bahwa peringkat kredit untuk Spanyol tidak terpengaruh oleh kemenangan pemilihan umum sayap kanan Partai Populer, yang berjanji untuk menyelamatkan negara dari krisis utang zona euro.

"Dalam mendapatkan Pemilu, PP mengumumkan bahwa di antara prioritasnya dalam bidang kebijakan ekonomi akan mengurangi ketidakseimbangan fiskal luar biasa sejalan dengan target defisit anggaran yang ada ... dan mengurangi pengangguran yang tinggi di Spanyol, meskipun arahnya jauh dari menetapkan langkah-langkah konkret kebijakan yang mendasarinya," kata S&P, lapor AFP.

"Menurut pendapat kami, kemenagan mayoritas PP dalam Pemilu kemarin bisa memfasilitasi pelaksanaan langkah-langkah reformasi," katanya.

Meskipun pasar saham dan obligasi mengirimkan Madrid sebuah kekalahan pada Senin setelah hasil jajak pendapat, S&P melihat tidak ada alasan untuk mengubah peringkat utang negara AA-nya.

Tetapi juga mempertahankan negara itu pada prospek negatif.

"Prospek pertumbuhan ekonomi lemah karena sedang berlangsung pelemahan sektor swasta, pengangguran yang tinggi dan kekakuan pasar tenaga kerja, dan utang eksternal bersih yang signifikan -- menyiratkan kerentanan terhadap kerusakan dalam kondisi pembiayaan eksternal -- yang telah mengekang peringkat di Spanyol".

Indeks saham-saham terkemuka Madrid IBEX 35 merosot 3,5 persen pada Senin, terseret turun oleh bank besar Spanyol, sementara suku bunga yang dikenakan pada obligasi pemerintah 10-tahun naik menjadi 6,514 persen dari 6,345 persen pada Jumat. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011