Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menggencarkan kerja sama dengan sejumlah pihak termasuk PT Caretaker Solusi Utama dan Ikatan Psikologi Olahraga (IPO) dalam upaya meningkatkan prestasi atlet, khususnya menyangkut kesehatan, dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Caretaker dan IPO.

"Saya mengapresiasi atensi Caretaker dan IPO terhadap peningkatan kualitas olahraga prestasi, khususnya dalam hal kesehatan," kata Ketua Umum KONI Marciano Norman dalam keterangan resmi, Kamis.

"Semoga kerja sama ini dapat bermanfaat bagi atlet-atlet Indonesia mendapatkan kondisi prima sehingga mereka mampu meraih prestasinya. Saya harap kita dapat menghasilkan atlet juara, yang pastinya memiliki fisik dan mental prima," kata dia.

Penandatanganan pertama adalah kerja sama KONI dan Caretaker yang merupakan perusahaan penyedia jasa layanan kesehatan.

Caretaker menyalurkan jasa perawat ke lokasi pasien sebagai bisnis utama, namun kini berinovasi dalam pelayanan kesehatan  masyarakat, khususnya atlet.

Hal ini akan bermanfaat bagi atlet yang makin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. 

Caretaker sendiri sudah menawarkan jasa perawat gratis untuk mendukung beberapa pemusatan latihan nasional cabang olahraga yang akan mengikuti SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei.

Baca juga: KONI Pusat tinjau latihan skuad timnas bola basket

"Hari ini adalah hari yang penting bagi kami karena mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan wadah organisasi olahraga prestasi di Indonesia, yakni KONI pusat,” kata Direktur Utama Caretaker Fathoni Asyrof.

Sementara IPO yang kemudian menandatangani MoU mengakui kerja sama dengan KONI sebagai momen penting. 

"MoU dengan KONI ini menjadi momen penting bagi IPO untuk bersinergi membantu pembinaan mental atlet agar dapat berprestasi secara maksimal,” kata Ketua Umum IPO Dr. Lilik Sudarwati.

Kerja sama dengan KONI mendorong Caretaker berinovasi lebih cepat. "Kami tengah mempersiapkan layanan virtual seperti jasa dokter, jasa fisioterapis, psikolog dan lain sebagainya,” kata Lilik.

Caretaker terbuka kepada berbagai potensi kolaborasi dalam menyediakan jasa, terutama untuk mitra KONI. Salah satu bukti nyata keterbukaan Caretaker adalah kerja sama dengan salah satu Mitra KONI, Sportbloc (PT Metada Integra Nusantara).

Bahkan pada hari dan rangkaian kegiatan yang sama, Caretaker juga menandatangani Nota Kesepahaman dengan Sportbloc yang disaksikan langsung oleh Marciano Norman.

Semangat sinergi antar mitra KONI Pusat dipegang erat oleh keduanya dengan tujuan menyediakan layanan Caretaker pada program industri olahraga yang dijalankan Sportbloc, baik secara virtual maupun faktual.

Baca juga: Jawa Timur lanjutkan tradisi lepas atlet menuju SEA Games Vietnam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022