London (ANTARA News) - Harga minyak New York melonjak ke posisi tertinggi lima bulan pada Rabu, setelah penjualan pipa AS yang akan mengakibatkan stok minyak mentah lebih rendah bagi Amerika Serikat, kata para pedagang.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Desember, mencapai 102,29 dolar AS per barel -- tingkat tertinggi sejak 9 Juni. Kontrak kemudian mundur menjadi 101,95 dolar AS, masih naik 2,58 dolar AS dibandingkan dengan tingkat penutupan Selasa, lapor AFP.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember turun 1,44 dolar AS menjadi 110,74 dolar AS per barel karena pedagang di London fokus pada kekhawatiran permintaan zona euro.

Perusahaan Kanada Enbridge pada Rabu membeli 50 persen kepemilikan ConocoPhillips dalam pipa Seaway yang menyalurkan 330.000 barel per hari, yang berjalan antara pesisir Teluk Meksiko AS dengan pusat penyimpanan minyak Cushing, Oklahoma.

Enterprise Product Partners, yang memiliki 50 persen lainnya dari Seaway, mengatakan akan membalikkan pipa untuk memindahkan minyak ke pusat penyulingan di pantai Teluk dari Cushing mulai pertengahan 2012.

Tinggi stok di Cushing telah bertanggung jawab untuk kesenjangan yang lebar antara harga minyak mentah New York dan Brent dalam beberapa bulan terakhir, menurut analis.

"Pembalikan penuh dari pipa Seaway kemungkinan akan menghapus emperan minyak mentah di Midwest AS, dan menempatkan Brent dan WTI setara satu sama lain," kata analis minyak Credit Agricole CIB, Christophe Barret.

Sementara itu, Departemen Energi AS mengatakan bahwa stok minyak mentah AS turun 1,1 juta barel pekan lalu, lebih tinggi dari penurunan 800.000 barel yang diperkirakan oleh analis. (A026/S006)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011