Jakarta (ANTARA News) - Kesebelasan Brunei Darussalam merebut kemenangan tipis 2-1 atas Filipina di pertandingan terakhir penyisihan grup B pada SEA Games 2011 di Stadion Lebak Bulus Jakarta, Selasa malam.

Kemenangan ini mengangkat posisi Brunei di klasemen grup naik ke peringkat lima dengan nilai empat dari lima kali pertandingan, sedangkan Filipina turun posisi ke urutan buncit grup B.

Sedangkan Myanmar yang mengalahkan Timor Leste 2-1 di laga sebelumnya, mengambil alih pimpinan klasemen sementara grup B dengan nilai 13, disusul Vietnam (10), selanjutnya Timor Leste dengan tetap raihan enam poin dan Laos di peringkat keempat.

Grup B masih menyisakan satu pertandingan, yakni antara kesebelasan Laos menghadapi Vietnam, Kamis (17/11), untuk penentuan peringkat.

Saat ini dari grup B, kesebelasan Myanmar dan Vietnam yang sudah memastikan lolos ke semifinal cabang sepak bola pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara.

Pelatih Brunei Darussalam Dayem Bin Hj Ali kepada wartawan usai pertandingan mengatakan, kemenangan terakhir atas Filipina bisa menjadi awal kebangkitan sepak bola negaranya.

Setelah sepuluh tahun dibekukan FIFA, keberhasilan ini menjadi kemenangan pertama mereka di ajang internasional.

"Untuk kali pertama kami tampil resmi lewat SEA Games 2011. Saya tidak tahu harus bicara apa, kemenangan kali ini sangat berarti bagi kami," katanya.

Dua gol kemenangan Brunei disumbangkan oleh Adi B Said pada menit ke-18 dan Reduan Bin Petara menit le-42. Sedangkan satu gol balasan Filipina dilesakkan Joshua Beloya pada menit ke-10.

(T.T009/D010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011