Saya menyambut baik usulan Forum Public Private Dialog Track 1.5 Indonesia-Jepang untuk memperluas kerja sama ekonomi Indonesia dan Jepang
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto menyatakan salah satu kebijakan penting dalam keberhasilan transformasi ekonomi adalah sinergi lintas sektoral hingga lintas negara salah satunya melalui Forum Public Private Dialog Track 1.5 Indonesia-Jepang.

“Saya menyambut baik usulan Forum Public Private Dialog Track 1.5 Indonesia-Jepang untuk memperluas kerja sama ekonomi Indonesia dan Jepang,” katanya di Jakarta, Selasa.

Pembentukan forum tersebut bertujuan untuk membahas berbagai proyek kerja sama konkret yang berorientasi pada kebutuhan, inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan guna mewujudkan transformasi ekonomi.

Berbagai proyek kerja sama yang dibahas seperti peningkatan SDM dan produktivitas industri melalui program magang Indonesia ke Jepang, peningkatan penggunaan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), serta program produktivitas industri manufaktur.

Selain itu, dalam sektor digitalisasi juga akan dilakukan kerja sama melalui penggunaan teknologi artificial intelligent dan sensor pengembangan sektor perikanan untuk mengurangi biaya penangkapan ikan.

Kerja sama teknologi juga akan dilakukan dalam pengembangan energi terbarukan dan industri ramah lingkungan.

Tak hanya itu, kolaborasi juga dilakukan pada sektor investasi dengan pengembangan mobil listrik yang lebih terjangkau oleh Jepang untuk mendorong transisi energi sektor transportasi.

Hal itu juga untuk peningkatan kerja sama proyek Joint Crediting Mechanism Jepang di Indonesia dengan perusahaan dalam negeri terutama bagi pengembangan pembangkit listrik tenaga surya.

Dalam forum tersebut turut dibahas mengenai penguatan rantai pasok global melalui pemberian dorongan pada perusahaan Jepang untuk membangun kemitraan dengan UKM Indonesia dalam penyediaan rantai pasokan global.

Baca juga: Indonesia-Jepang sepakati kerjasama baru terkait ekonomi berkelanjutan
Baca juga: Erick Thohir mengajak Singapura untuk mempererat kerja sama ekonomi
Baca juga: Dubes Australia kunjungi Denpasar jajaki kerja sama ekonomi kreatif

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022