Jakarta (ANTARA News) - Petenis meja andalan Indonesia, Ficky Supit Santoso, berpasangan dengan Christine Ferliana sukses membungkan petenis meja asal Vietnam, Nguyen Tha/Phan Hoang, dengan skor 3-1 dalam babak penyisihan Tenis Meja SEA Games XXVI di GOR Sumantri Brojonegoro, Jakarta, Minggu.

Ficky yang telah berlatih di China sejak lima bulan terakhir memberikan kontribusi besar dalam meraih poin demi poin untuk menjadikan mereka maju ke delapan besar.

"Pertandingan ini berat tapi syukurlah kami berhasil mengakhiri dengan kemenangan," kata Ficky usai pertandingan.

Begitu melakukan serve, petenis meja Vietnam langsung menyambar pengembalian bola Christine melalui smes keras yang gagal dikembalikan Ficky.

Selanjutnya Ficky/Christine berusaha bermain tenang dan berhasil meraih poin setelah beberapa kali servisyang pendek melewati meja berhasil di dorong Ficky dan gagal dikembalikan Nguyen Tha. Set pertama ditutup untuk keunggulan Indonesia dengan skor 11-3.

Di set kedua meski sempat unggul 2-0, setelah itu petenis meja Indonesia keteteran. Servis Ficky yang dianulir wasit dan memberikan poin untuk lawan menjadikan ia tegang dan sulit berkonsentrasi.

Selanjutnya lawan melaju cepat meninggalkan Ficky/Christine dengan skor 3-7, 3-8 dan diakhiri 3-11. Pada set kedua ini petenis meja Indonesia sering membuat kesalahan sendiri, baik dalam memblok smes ataupun spin lawan maupun pengembalian bola tinggi hingga mudah diakhiri untuk mendapatkan poin.

Di set ke tiga setelah mendapat arahan dari pelatih putri, Rossy Pratiwi, Ficky/Christine mulai kembali kepercayaan dirinya. Sempat tertinggal 0-2 saat Nguyen Tha melakukan servis, Ficky mampu membalikkan keadaan dengan unggul 6-4. Poin diraih dari adu reli yang diakhiri Ficky atau Crhistine.

Set ke tiga diakhiri dengan skor 11-7 setelah sebuah spin gantung depan net, dikembalikan melebar oleh Than Hoang.

Di set ke empat, Ficky dan Christine bermain garang dan tanpa beban. Unggul 8-4 sebuah spin backhand Nguyen memperkecil ketinggalan jadi 8-5.

Ficky selanjutnya menambah satu poin setelah spin yang dilakukan dalam posisi terpojok di sisi kiri meja melenceng deras ke kiri lawan yang gagal dijangkau Phan.

Pertandingan ditutup dengan skor 11-8 setelah bola kembalian Ficky di spin Nguyen namun melebar.

Usai pertandingan, Ficky mengaku tegang saat servisnya dinyatakan "fault" oleh wasit.

"Waktu servis posisi badan saya dinilai belum sepenuhya terbuka sehingga bola tidak terlihat jelas. Tapi ini menjadi pengalaman lah," ujar putera mantan petenis meja nasional Sinyo Supit itu.

Pada babak delapan besar, Ficky/Christine akan menjajal kemampuan petenis meja asal Thailand Chaisit Chaitat yang berpasangan dengan Nanthana Komwong.

***6***



(T.M027/B/I007/I007) 13-11-2011 13:50:24

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011