Jakarta, 12/11 (ANTARA) - Untuk melihat persiapan pelaksanaan puncak acara Hari Nusantara (Harnus) tahun 2011, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo bersama Menteri Pertahanan, Poernomo Yusgiantoro hari ini (12/11) mengunjungi Dumai, Propinsi Riau. Cicip selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) menyebut bahwa Kementerian Pertahanan merupakan ketua pelaksana Harnus kali ini sehingga tema yang diambil adalah pengamanan nusantara, yaitu upaya meningkatkan kemampuan pertahanan dan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menuju negara maritim. "Kunjungan ke Dumai ini merupakan bagian untuk melihat kesiapan akhir dari pelaksanaan puncak acara Harnus karena Presiden direncanakan hadir dalam kegiatan ini", ujarnya.

     Lebih lanjut Cicip menuturkan bahwa pelaksanaan Harnus menjadi momentum untuk meningkatkan pembangunan di Dumai khususnya dan Riau secara keseluruhan. Ia pun menambahkan bahwa puncak Harnus menjadi ajang unjuk prestasi para pelaku pembangunan kelautan dan perikanan yang telah turut serta memajukan pembangunan sektor kelautan dan perikanan selama setahun terakhir. Menjawab pertanyaan wartawan terkait industrialisasi perikanan, Cicip menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil untuk meningkatkan nilai tambah produk perikanan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha perikanan, dan devisa negara tentunya.

     Walikota Dumai, Chairul Anwar menegaskan bahwa Dumai siap melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan acara Harnus 2011. Untuk itu, Pemerintah Kota Dumai telah menyiapkan Taman Bukit Gelanggang sebagai lokasi puncak acara peringatan Hari Nusantara kedua belas ini. Dalam peringatan kali ini setidaknya terdapat delapan kegiatan yang akan dilaksanakan di Kota Dumai. Dua di antaranya, yaitu Bakti Sosial TNI AL Surya Baskara Jaya yang berhasil melayani 2.782 orang, dan Pelayaran Kebangsaan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari yang diikuti 208 mahasiswa seluruh Indonesia telah selesai dilaksanakan. Sementara itu, kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara yang diikuti 1.558 orang sendiri akan dilaksanakan pada pertengahan bulan ini.

     Di samping ketiga kegiatan di atas, Harnus juga akan dimeriahkan dengan kegiatan Gerakan Bersih Laut secara serempak di 300 pelabuhan seluruh Indonesia, Latihan Gabungan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI yang melibatkan 3000 orang dengan didukung 9 KRI dan 17 pesawat tempur serta 17 kendaraan tempur, Pameran Industri Pertahanan dan Maritim, puncak acara Harnus diperkirakan akan diikuti 2000 orang, dan Parade Kapal Nusantara.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Dr. Ir. Yulistyo Mudho, M.Sc, Kepala Pusat Data, Statistik, dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (HP. 0811836967)

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011