Sebanyak 96 kelompok membaca telah dibentuk, dan 2.104 anggota dari 34 sektor telah membaca dan bertukar pikiran melalui Akademi Komite Nasional CPPCC secara daring (online), yang sejauh ini telah menarik lebih dari 2,62 juta kunjungan dan 470.000 ko
Beijing (ANTARA) - Ketika Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People's Political Consultative Conference/CPPCC) meluncurkan kampanye membaca pada April 2020, Xi Jinping, Presiden Republik Rakyat China sekaligus Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) dan Ketua Komisi Militer Sentral, menyampaikan instruksi dan menekankan pentingnya kampanye tersebut.

Dengan membaca, para anggota dapat memperoleh lebih banyak pengetahuan dan kearifan serta meningkatkan kapasitas mereka, sehingga memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang CPPCC dan menjadi lebih kompeten dalam hal konsultasi dan musyawarah mengenai urusan negara. Hal ini bukan hanya sebuah persyaratan yang melekat pada anggota untuk menjalankan tugas mereka di era baru, tetapi juga merupakan langkah penting untuk menegakkan dan memajukan sistem CPPCC.

Xi berharap kampanye membaca dapat sepenuhnya dimanfaatkan untuk mendorong para penasihat politik meningkatkan kemampuan membaca mereka dan membaca lebih banyak buku-buku bermutu, sehingga dapat meningkatkan kompetensi teoretis dan profesional mereka. Xi juga berharap mereka dapat menjadi teladan dan mendorong semakin banyak orang untuk membaca.

Selama dua tahun terakhir, Komite Nasional CPPCC telah sepenuhnya menjalankan instruksi penting Xi dan secara aktif mengadakan kegiatan membaca di kalangan anggotanya. Sebanyak 96 kelompok membaca telah dibentuk, dan 2.104 anggota dari 34 sektor telah membaca dan bertukar pikiran melalui Akademi Komite Nasional CPPCC secara daring (online), yang sejauh ini telah menarik lebih dari 2,62 juta kunjungan dan 470.000 komentar.

Komite Nasional CPPCC menggelar forum "Mengkaji dan Mengimplementasikan Instruksi Penting Sekretaris Jenderal Xi dan Memajukan Kampanye Membaca" pada Jumat (22/4) di Beijing.

Wang Yang, anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral CPC sekaligus Ketua Komite Nasional CPPCC, berbicara di forum tersebut. Wang mengatakan, instruksi Xi menjawab serangkaian pertanyaan penting berikut ini: Mengapa membaca penting bagi anggota Komite Nasional CPPCC? Bagaimana cara mengatur kegiatan membaca? Apa yang diharapkan dari kegiatan membaca?

Instruksi Xi, yang penuh wawasan, instrumental, dan tertarget, telah menunjukkan arah dan menyuntikkan momentum kuat untuk kampanye membaca. Anggota Komite Nasional CPPCC harus semakin meningkatkan kesadaran politik, memiliki pemahaman mendalam tentang esensi dari instruksi Xi dan pentingnya kampanye membaca, merangkum pengalaman, mengetahui peraturan, serta meningkatkan efektivitas untuk memajukan kampanye membaca.

Wang mengatakan bahwa, selama dua tahun terakhir, kegiatan membaca di kalangan anggota Komite Nasional CPPCC telah berkembang dengan eksplorasi dan inovasi berkelanjutan, serta mencapai kemajuan besar. Kegiatan ini telah menjadi cara yang penting bagi para anggota untuk memperoleh pengetahuan yang lebih luas serta kearifan dan juga kompetensi, sebuah platform penting untuk meningkatkan kesadaran teoretis dan politik dan membangun konsensus, serta keunggulan utama dengan ciri khas CPPCC.

Wang menekankan pentingnya memanfaatkan kegiatan membaca semaksimal mungkin di kalangan anggota. Hal ini membutuhkan upaya untuk mempertahankan arah politik yang tepat, memanfaatkan kekuatan unik CPPCC, mengembangkan peran utama anggota sepenuhnya, berfokus untuk membantu mereka menjalankan tugas dengan lebih efektif, dan menerapkan lebih lanjut hasil dari kegiatan membaca tersebut.

Sangatlah penting untuk memberikan dukungan yang lebih besar guna membangun platform membaca cerdas yang kuat, serta menerapkan sejumlah langkah untuk menggerakkan antusiasme membaca di kalangan anggota. Sebuah model "membaca plus" harus dipromosikan guna mengintegrasikan kegiatan membaca dengan performa tugas, sehingga menciptakan sinergi untuk memampukan anggota mengubah apa yang telah mereka pelajari dari membaca menjadi kemampuan menjalankan tugas dan hasil dalam pekerjaan mereka.

Selain itu, penting pula untuk melakukan pendekatan bertahap dan persisten dalam menumbuhkan budaya membaca di kalangan anggota CPPCC, yang dengan demikian dapat mencapai kemajuan bersama secara intelektual melalui konsultasi, diskusi, dan pembelajaran bersama.

Wang juga mengimbau upaya untuk sepenuhnya memanfaatkan kekuatan CPPCC dalam mengumpulkan talenta, menggabungkan kearifan, serta menjangkau masyarakat umum untuk menciptakan lebih banyak kerja bermutu dan menghasilkan efek riak. Dengan cara ini, kegiatan membaca akan menjadi saluran efektif bagi para anggota untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan membantu menumbuhkan budaya membaca baik di dalam CPPCC maupun di masyarakat pada umumnya.

Jajaran wakil ketua Komite Nasional CPPCC turut menghadiri forum tersebut. Perwakilan dari anggota komite nasional dan provinsi juga menyampaikan pidato mereka. Forum ini digelar melalui tautan video, dengan lokasi acara utama bertempat di kantor umum Komite Nasional dan beberapa lokasi lainnya di kantor umum komite tingkat provinsi. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022