Saya pesan, jadikan itu cambuk, jadikan itu penantang, tidak usah dijawab dengan kata-kata"
Palembang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan pemerintah menyelesaikan pertanggungjawaban keuangan negara yang digunakan untuk membangun Kompleks Olahraga Jakabaring, Sumatera Selatan.

Presiden juga memerintahkan pemerintah mempertanggungjawabkan semua fasilitas negara yang telah dipakai dalam membangun kompleks olah raga yang digunakan untuk SEA Games ke-26 itu.

"Bagi jajaran pemerintah yang membangun fasilitas ini dengan keuangan negara, selesaikan pertanggungjawabannya dengan baik," kata Yudhoyono ketika meresmikan Kompleks Olahraga Jakabaring di Palembang, Jumat,

Kepala Negara juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua jajaran yang terlibat, termasuk dunia usaha yang telah berkontribusi dalam pembangunan kompleks seluas 325 hektare di kawasan berawa itu.

"Saya tahu suka duka dan perjuangan keras kita utamanya yang benar-benar membangun secara fisik kawasan olah raga ini," ujarnya.

Salah satu tantangan dalam pembangunan kawasan olah raga itu, menurut Presiden, adalah banyak pihak yang skeptis dan pesimis, termasuk liputan pemberitaan yang menohok dan menyudutkan.

"Saya pesan, jadikan itu cambuk, jadikan itu penantang, tidak usah dijawab dengan kata-kata, jawab dengan karya nyata," katanya.

Presiden juga berpesan agar olah raga dan seni budaya dikembangkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena bisa menyatukan warga negara.

"Ini contoh dengan olah raga kita bisa berbangga sebagai bangsa dan kita sering bersatu untuk bersama-sama membikin bangsa lebih baik. Oleh karena itu saya mengajak rakyat Indonesia, mengajak pimpinan di seluruh negeri ini, untuk terus memajukan sektor keolahragaan di seluruh tanah air," tuturnya.

Peresmian Kompleks Olahraga Jakabaring itu ditutup dengan penanaman pohon trembesi oleh Presiden Yudhoyono di taman arena menembak yang masih gersang.(*)

D013/R007

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011