Los Angeles (ANTARA News) – Penyelenggara Penghargaan Oscar kembali memilih pelawak Billy Crystal untuk membawakan acara tersebut. Billy ditunjuk setelah beberapa hari lalu terjadi ribut-ribut yang menyebabkan “emcee” sebelumnya, Eddie Murphy mengundurkan diri.

Crystal, yang sudah delapan kali membawakan acara Hollywood tersebut, mengumumkan pekerjaan itu di akun Twitternya. Dia menulis, “Saya kembali membawakan Oscar agar petugas apotik yang masih muda-muda itu tidak menanyakan namaku saat aku menebus resep.”

Tom Sherak, presiden The Academy of Motion Picture Arts and Sciences yang merupakan penyelenggara penganugerahan piala Oscar, menyebut Crystal sebagai, “Ikon Oscar yang kelucuannya telah melegenda.”

“Saya senang bisa menyambut kembalinya Billy di panggung Oscar,” kata Sherak.

Pengumuman ini muncul setelah mantan produser Oscar, Brett Ratner, minggu lalu menggunakan kata-kata yang menghina kaum gay dalam pemutara film “Tower Heist” yang dibintangi Eddie Murphy.

Penggunaan kata-kata itu telah membangkitkan protes dari kalangan pembela hak kaum gay dan anggota Academy. Permintaan maaf Ratner pada Minggu lalu tidak berhasil menurunkan tensi yang diakibatkannya.

Dia kemudian mengundurkan diri pada Senin. Pembawa acara Oscar yang dipilih Ratner, Murphy, kemidian mengikuti langkah atasannya pada Rabu.

Pihak Academy kemudian memilih produser film “A Beautiful Mind”, Brian Grazer, untuk menggantikan Ratner dan menyerahkan kepada dia untuk memilih pembawa acara baru.

“Seperti banyak orang lainnya, saya ingin melihat Billy mkembali membawakan Oscar. Sangat melegakan dia setuju untuk kembali bekerja dengan saya dan Don Mischer (ko-produser),” kata Grazer.

Kembalinya pembawa acara favorit Crystal (63), pertama kali membawakan Oscar pada 1990 ketika film “Driving Mass Daisy” terpilih sebagai film terbaik, dan  acara  itu mendapatkan 40 juta pemirsa di seluruh dunia, hanya kalah dari sepakbola Amerika, Super Bowl, dalam kategori acara tahunan.

Pelawak itu kemudian membawakan acara selama tiga tahun berturut-turut setelahnya, sempat absen dua tahun dan kembali tahun 1997 dan 1998 ketika film Titanic terpilih oleh anggota Academy menjadi film terbaik dibawah kesaksian 57 juta pemirsa.

Komedian itu telah menjadi favorit pemirsa Oscar dan saat pembawa acara lain gagal misalnya   James Franco pada tahun lalu,Crystal dipanggil pada tahun berikutnya.

Beberapa pemirsa Hollywood mempertanyakan jika dia mampu berkomunikasi dengan para penggemar yang lebih muda dan pemirsa TV yang, dalam beberapa tahun terakhir, mempunyai pilihan yang lebih banyak untuk hiburan.

Pemirsa Oscar turun di bawah 40 juta dalam lima tahun terakhir dan kecuali tahun 2010 Oscar mampu menembus angka tersebut ketika film 3 dimensi “Avatar” adalah film dengan nominasi terbanyak.

Saat “The Lord of the Rings: The Return of The King” memenangi film terbaik itu, jumlah permirsa mencapai 43 juta.

Sherak berpendapat Crystal belumlah  terlalu tua. Saat ditanya oleh situs The Wrap mengenai soal itu, dia menjawab, “Tidak. Lihat saja Bob Hope, dia membawakan acara Oscar saat berusia 60an.”

Faktanya, Hope telah 19 kali memimpin acara Oscar dan merupakan seorang penghibur, seperti Crystal, yang tidak hanya bisa melempar lelucon, namun juga mampu menyanyi dan berbagai aksi yang lain.Penghargaan Oscar untuk film 2011 akan diadakan pada 26 Februari 2012.
(SDP-14)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011