Dalam sebuah operasi bersama pasukan Afghanistan dan ISAF kemarin malam di distrik Barmal, antara 60 dan 70 gerilyawan Taliban tewas,"
Kabul (ANTARA News) - Sekitar 70 gerilyawan Taliban tewas setelah gagal menyerang  markas pasukan asing di Afghanistan timur, kata seorang pejabat setempat, Rabu.

Serangan itu dilakukan pada Selasa larut malam di sebuah pos tempur di provinsi Paktika yang berbatasan dengan Pakistan .

Mokhlis Afghan,  juru bicara gubernur Paktika, mengatakan, para penyerang itu mungkin datang dari Pakistan.

"Dalam sebuah operasi bersama pasukan Afghanistan dan ISAF kemarin malam di distrik Barmal, antara 60 dan 70 gerilyawan Taliban tewas," katanya.

"Laporan-laporan awal menunjukkan bahwa kelompok besar militan ini ingin menyerang markas bersama Afghanistan-ISAF di daerah Margha Barmal namun dihadang dan bantuan kekuatan udara dikerahkan," katanya.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO tidak bisa mengkonfirmasi jumlah korban tewas namun mengatakan, terjadi upaya serangan terhadap pangkalan itu namun ditumpas.

Sabtu (29/10), serangan bom mobil bunuh diri menewaskan 13 prajurit ISAF dan pegawai sipil, serta empat orang Afghanistan di Kabul -- serangan darat tunggal paling mematikan terhadap pasukan koalisi sejak perang meletus 10 tahun lalu.

Pada Oktober, Taliban berjanji akan berperang sampai semua pasukan asing meninggalkan Afghanistan.
(M014)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011