... Saya sangat emosional. Saya tidak dapat menerima dan tidak mengharapkannya...
Manchester (ANTARA News) - Sir Alex Ferguson merayakan 25 tahun karirnya di Manchester United, dengan kemenangan 1-0 atas Sunderland, sebelum namanya diabadikan sebagai salah satu tribun di Stadion Old Trafford.

Tribun Utara, tribun terbesar di Old Trafford, kini dinamai "Tribun Sir Alex Ferguson". Ketua Eksekutif United, David Gill, mengonfirmasi kalau patung pelatih asal Skotlandia tersebut juga akan dibuat sebelum musim depan dimulai.

"Saya sangat emosional. Saya tidak dapat menerima dan tidak mengharapkannya," kata Ferguson yang sangat tersentuh ketika Gill mengungkapkan penghargaannya di lapangan sebelum pertandingan dimulai.

"Saya harus berterima kasih pada klub karena yang mereka lakukan itu fantastis. Saya sangat bangga saat ini."

"Saya tidak pernah mengetahui apapun mengenai hal ini. (Asisten pelatih) Mike Phelan mengetahuinya dan tidak pernah memberitahukan padaku, maka ia dipecat. Namun saya benar-benar tidak tahu, begitu juga keluargaku. Saya tidak berpikir mereka melakukannya."

"Saya sangat gembira, sungguh. Kita dapat memulai pertandingan sekarang."

United membutuhkan gol bunuh diri dari mantan bek mereka, Wes Brown di menit-menit akhir babak pertama untuk mengamankan tiga poin, dan mereka mencatatkan empat pertandingan berturut-turut tanpa kemasukan sejak dipermalukan 1-6 oleh Manchester City.

"Saya gembira saat peluit telah berbunyi, ketika kami unggul 1-0 dan menyelesaikan pertandingan," ujar Ferguson.

"Ini adalah hari yang menggelisahkan bagi para pemain, dan saya pikir mereka memperlihatkannya hari ini. Mereka berkembang di babak kedua, namun 15 menit terakhir adalah penyiksaan."

"Kemungkinan, ya, peristiwa ini (peringatan 25 tahun karir Ferguson di United) ada di (benak) para pemain. Para pemain ingin melakukan hal bagus untuk saya, saya pikir hal itu sudah jelas, namun dapat juga peristiwa ini tidak terlalu dipikirkan."

"Saya ingat ketika kami memperingati 50 tahun kejadian di Muenchen melawan City, dan tentu saja hal itu berbekas bagi para pemain pada hari itu, tidak ada pertanyaan. Mungkin hari ini lebih sedikit."

Anders Lindegaard, yang menggantikan posisi David de Gea untuk pertandingan ini, kurang setuju dengan klaim pelatihnya kalau peristiwa itu mempengaruhi permainan tim, namun ia segera menyatakan pujiannya kepada Ferguson (69 tahun).

"Tentu saja tidak," kata Lindegaard ketika ditanyakan apakah peristiwa peringatan 25 tahun Ferguson di United mengakibatkan masalah. "Beberapa kata bijaksana yang saya pelajari sejak datang ke sini, datang dari manajer yang berkata, `Mainkan permainan, bukan peristiwanya.`"

"Kami cenderung menurunkan kecepatan ketika bermain melawan musuh yang lebih lambat dari kami. Kami harus mampu terus memertahankan gigi tertinggi bahkan jika kami bermain melawan musuh yang tidak bermain cepat. Kami harus melakukannya dengan lebih baik."

"Mendapat nama tribun setelah manajer, mengatakan semuanya. Ia mendapat tribun terbesar, salah satu tribun terbesar di dunia, disebut Tribun Sir Alex Ferguson. Saya akan sangat senang jika salah satu kursinya dinamai kursi Andres Lindegaard!"

Lindegaard dan Ferguson mendapat manfaat dari kembalinya duet bek Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand, yang memberi United penampilan solid di lini belakang.

"Saya melakukannya karena, ketika saya melihat bagaimana mereka akan menghadapi permainan Connor Wickham dan Nicklas Bendtner, dua sosok tangguh di lini depan, saya pikir kami membutuhkan (pemain) pengalaman hari ini," kata Ferguson.

"Johny Evans fantastis, dan ia adalah solusi jangka panjang, namun hari ini adalah harinya Ferdinand dan Vidic."

Untuk membuat kekalahan ini makin buruk bagi pelatih Sunderland, Steve Bruce, yang merupakan mantan pemain Unted, klub tersebut juga didera kekhawatiran kalau penyerang impresif mereka Connor Wickham harus absen dalam jangka panjang karena cedera di ligamen lutut.

"Itulah kekecewaan terbesar," kata Bruce. "Kami pikir ini adalah cedera ligamen lutut yang serius, dan ini adalah yang ketujuh dari 12 bulan yang kami lalui. Saya tidak pernah tahu hal seperti ini."

"Kami tidak akan tahu pasti sampai ia menjalani pemindaian, namun nampaknya (cedera) itu tidak baik."

Bagaimanapun, Bruce, tetap menyanjung Ferguson tersebut atas penghargaan berupa penamaan tribun.

"Saya minum segelas anggur dengannya," kata Bruce mengenai mantan pelatihnya itu. "Ia menyambutku dengan sebotol anggur yang bagus, namun itu adalah yang ke-18 kalinya (Bruce tidak mampu mengalahkan Ferguson). Saya akan berada di usianya, sebelum mampu menang atas dirinya."

"Mendapat penamaan tribun adalah penghargaan yang layak dan pantas. Saya tidak pernah tahu kalau semua orang di Manchester United dapat menjaga rahasia sehingga itu semakin berkesan."  (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011