Surabaya (ANTARA News) - Pasangan Ardiansyah Putra/Devi Tika Permatasari tidak terbendung langkahnya untuk merebut gelar kelimanya di ajang kejuaraan bulu tangkis Djarum Sirnas Flypower Pertamina Jatim Terbuka 2011, Sabtu.

Pada pertandingan final ganda campuran di GOR Bulu Tangkis Sudirman Surabaya, Ardiansyah/Devi menaklukkan unggulan kedua Andhika Anhar/Keshya Nurvita Hanadia dalam dua gim langsung 21-17, 21-13.

Gelar ini merupakan yang kelima beruntun bagi keduanya setelah berturut-turut meraihnya di Sirnas Semarang, Pangkalpinang, Bali, dan Makassar.

Khusus bagi Ardiansyah, gelar kali ini merupakan yang keenam di nomor ganda campuran, dari tujuh penampilannya di partai final.

Satu gelar lainnya diraih pada Sirnas pembuka di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 16-20 Februari, saat berpasangan dengan Lita Nurlita. Sedangkan di Sirnas Jakarta, dia kalah dari pasangan senior Tri Kusharyanto/Vita Marissa.

"Sebenarnya sempat tidak yakin juga bisa juara lagi, karena pasangan Andhika/Keshya cukup kuat dan kami saling mengalahkan jika bertemu," kata Ardiansyah usai pertandingan.

Pemain jebolan Pelatnas Cipayung itu, mengatakan bahwa dirinya dan Devi Tika tidak pernah melakukan persiapan khusus untuk menghadapi sebuah turnamen atau kejuaraan, apalagi latihan bersama.

"Mungkin karena sudah lama bermain bareng, jadi sudah saling tahu tugas masing-masing. Gelar ini saya persembahkan untuk istri saya di rumah," tambah pemain yang kini bernaung di klub Ganesha Islamic Village.

Devi Tika juga mengaku tidak menyangka bisa meraih gelar juara Sirnas lima kali beruntun bersama Ardiansyah, padahal persiapannya biasa-biasa saja.

"Kekuatan lawan sebenarnya cukup seimbang dan kita sudah sering bertemu di berbagai kejuaraan. Saya bersyukur bisa juara lagi," katanya.

Pebulu tangkis SGS-PLN Bandung itu, sangat layak dijuluki "Ratu Sirnas" pada tahun ini, karena selain merebut lima gelar nomor ganda campuran, dia juga meraih tiga gelar di nomor ganda putri bersama Keshya Nurvita Hanadia sepanjang sembilan seri Sirnas 2011.

Namun, pada Sirnas Jatim kali ini, pasangan Devi/Keshya gagal menambah gelar karena sudah tersingkir di babak perempat final.

Gelar ganda putri akhirnya direbut pasangan Lita Nurlita/Variella Aprilsasi yang mengalahkan Deariska Putri/Nurbeta Kwanrico dengan skor 21-9, 21-16.

Sedangkan nomor ganda campuran menjadi milik Fernando Kurniawan/Wifqi Windarto, setelah menghempaskan pasangan Dandi Prabudita/Jones Rafly Jansen 21-19, 21-16.

Berikut hasil pertandingan Sirnas Jatim di kelompok dewasa (angka dalam kurung menunjukkan unggulan):

  • 1. Ganis Nurrahmadani (3) vs Maziyyah Nadhir (8) 21-15, 15-10 (ret).
  • 2. Alamsyah Yunus (1) vs Senatria Agus Setia (3) 21-14, 21-7.
  • 3. Fernando Kurniawan/Wifqi Windarto (2) vs Dandi Prabudita/Jones Ralfy Jansen (3) 21-19, 21-16.
  • 4. Ardiansyah Putra/Devi Tika Permatasari (1) vs Andhika Anhar/Keshya Nurvita Hanadia (2) 21-17, 21-13.
  • 5. Lita Nurlita/Variella Aprilsasi (3) vs Deariska Putri Medita/Nurbeta Kwanrico (2) 21-9, 21-16.
(T.D010/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011