Palembang (ANTARA News) - Peta kekuatan cabang olahraga senam artistik pada SEA Games XXVI di Indonesia, 11-22 November 2011, terbilang merata, kata pelatih senam Indonesia, Jonathan Sianturi.

"Peluang setiap negara untuk meraih medali emas sama-sama terbuka, karena saat ini kekuatan senam terbilang merata," ujarnya di Palembang, Sabtu.

Dia menilai, akan sulit bagi tiap-tiap negara peserta untuk mengumpulkan lebih dari tiga medali emas.

Menurut Jonathan, Indonesia pun menyadari hal itu, sehingga hanya menargetkan tiga emas, yakni dua dari senam artistik dan satu dari senam aerobik.

"Untuk senam ditargetkan dua emas, yakni dari kelompok putra dan kelompok putri. Tapi, saya pribadi menargetkan dua emas untuk putra, karena memiliki hitung-hitungan yang berbeda dengan pengurus besar," ujar mantan atlet nasional ini.

Berkaitan dengan atlet yang menjadi andalannya, Jonathan memilih bungkam dengan alasan untuk menjaga perasaan atlet binaanya, karena pada setiap nomor terdapat tiga atlet yang disiapkan.

Jonathan hanya mau mengungkapkan nomor pertandingan yang berpeluang meraih medali, yakni gelang-gelang, meja lompat, palang lompat, dan lantai.

"Untuk tiap nomor disiapkan tiga atlet, tapi pada akhirnya hanya ada dua yang terpilih. Saya tidak mau mengatakan siapa yang bakal menjadi tumpuan, karena tidak mau nantinya berpengaruh pada mental bertanding mereka," ujar peraih lima medali emas SEA Games tahun 1997 lalu.

Selama menjalani pemusatan latihan nasional di Jakarta sejak November 2010, para atlet nasional sempat menjajal kemampuan di Australia (September 2011) dan Jepang (Oktober 2011).

"Uji coba di Australia hanya sebatas mengikuti kejuaraan terbuka antarklub. Hasilnya terbilang cukup baik karena berhasil meraih medali melawan atlet yang kualitas memang lebih baik," ujar dia.

Sedangkan, di Jepang dengan mengikuti Kejuaraan Dunia 2011 berhasil menempatkan salah seorang atlet Indonesia sebagai peringkat 118 dari 230 negara peserta.

"Mengikuti kejuaraan dunia merupakan kali pertama bagi Indonesia sejak beberapa tahun terakhir setelah lama vakum. Meskipun masih berperingkat ratusan, tapi secara keseluruhan cukup memuaskan," kata dia lagi.

Dia pun berharap dengan bermodalkan hasil pada kejuaraan dunia itu, dapat menambah kepercayaan diri atlet.

"Saya berharap SEA Games nanti menjadi momentum bagi Indonesia untuk merajai cabang olahraga senam, setelah gagal mempertahankan prestasi pada beberapa SEA Games terakhir. Semoga saja, momentum sebagai tuan rumah ini akan termanfaatkan secara maksimal," katanya.
(T.ANT-037)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011