Los Angeles (ANTARA News) - David Beckham berjasa saat LA Galaxy mengalahkan New York Red Bulls 2-1 di semi final play off MLS Kamis. Kemenangan itu membuat Galaxy berhak melaju ke final wilayah Barat.

Kemenangan 2-1 cukup bagi Galaxy untuk melangkah ke final, karena mereka unggul agregat 3-1. Di final wilayah Barat, Galaxy akan berhadapan dengan Real Salt Lake, pada Minggu.

Beckham mengkreasikan gol pertama dari tendangan sudut. Kemudian pelanggaran terhadap Beckham membuat Galaxy mendapat hadiah penalti. Bagi Beckham, hasil ini semakin mendekatkan dirinya pada impian memberi prestasi bagi Galaxy di Final Piala MLS, sebelum kontraknya berakhir.

Galaxy atau Real Salt Lake akan menghadapi juara wilayah Timur, Houston atau Kansas City, dalam perebutan titel yang akan digelar di markas Galaxy. Musim ini, Galaxy telah meraih 13 kemenangan dan lima hasil imbang, tanpa pernah kalah.

"Ini bagus bagi kami," kata bintang Galaxy, Landon Donovan. " Kami akan pergi dengan senjata yang menyala dan memberikan tembakan terbaik."

Beckham belum menyebutkan di mana ia akan bermain setelah musim ini usai. Klub Prancis, Paris Saint Germain dan klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur dan Queens Park Rangers, telah menyatakan minatnya merekrut Beckham. Ia juga masih mungkin memperpanjang kerja sama dengan Galaxy.

Los Angeles menang 1-0 atas New York, Minggu lalu untuk membuka keunggulan mereka di leg kedua. Namun Red Bull menghapur kemenangan tersebut dengan cepat di menit keempat, saat Luke Rodgers membuka gol melalui umpan pemain Prancis, Thierry Henry.

Gol tersebut adalah gol kesepuluh Rodgers tahun ini, namun setelah pertandingan dilanjutkan ia diganjar kartu kuning setelah melakukan pelanggaran pada Beckham.

Mike Magee menyamakan kedudukan di menit ke-42. Tendangan sudut Beckham dapat dituntaskan Magee untuk membobol gawang New York.

Galaxy mendapat hadiah penalti setelah Beckham dijatuhkan dari belakang di kotak terlarang di menit ke-74. Donovan mengonversi penalti tersebut menjadi gol melalui tembakan kaki kanan ke arah sudut kiri bawah gawang kiper Franck Rost.

"Saya ingin memastikan kalau saya dapat membuat mata saya tetap terbuka, melihat ke mana ia (Rost) bergerak dan meletakkannya (bola) ke arah lain," ujar Donovan.

Pada menit ke-79, Beckham digantikan Michael Stephens.

"Berikan pernghargaan pada New York. Bola hebat dari Henry dan penyelesaian yang bagus," kata Donovan. "Mereka memegangi tumit kami, namun kami melawan kembali."

Pemain Galaxy, Robbie Keane, melepaskan tembakan kaki kiri yang masih membentur tiang gawang di menit ke-19 dan usaha pemain Irlandia tersebut kembali digagalkan kiper Rost saat menembakkan bola memantul di menit ke-38.

Beckham sempat terjatuh di menit ke-33, ketika ia melompat terlalu tinggi untuk menyundul bola dan berbenturan dengan Dane Richards. Namun Beckham dapat pulih dan membuat Red Bulls membayar sepuluh menit kemudian.

Di menit ke-42, Beckham melepaskan tendangan sudut melengkung ke sisi kanan Rost di tengah kotak penalti, di mana Magee menyambut umpan tersebut dengan tandukan melewati Rost untuk membuat keadaan imbang.

Henry menerima kartu kuning kedua di menit ke-61, yang membuat ia harus absen pada pertandingan Minggu akibat akumulasi kartu.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011