AsiaNet 47063

BANGKOK, 1 November (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     Dalam merespon banjir besar yang telah melanda banyak daerah di Thailand, perhimpunan umat Buddha Soka Gakkai International Thailand (SGI-Thailand) telah memobilisasi anggota mudanya untuk memberikan barang-barang bantuan, dan membuka pusat di Nonthaburi, Thonburi dan Pattaya untuk digunakan sebagai tempat penampungan bagi para pengungsi.

     Pada tanggal 1 November, Soka Gakkai Jepang menyumbangkan US$ 50.000 kepada pemerintah Thailand guna mendukung upaya bantuan. Direktur Jenderal Soka Gakkai, Masaaki Masaki dan Kenji Yoshigo, Direktur Eksekutif Urusan Internasional, mengunjungi Kedutaan Besar Kerajaan Thailand untuk tujuan ini dan bertemu dengan Duta Besar Virasakdi Futrakul.

     SGI-Thailand dan anggotanya telah menyumbangkan pasokan bantuan senilai lebih dari 2 juta baht Thailand (sekitar US$ 64.900) termasuk bahan makanan, senter dan obat-obatan. Barang-barang ini telah dikemas dalam paket pasokan bantuan, yang berisi mie instan, beras, susu, ikan kalengan dan kebutuhan lainnya. Para anggota muda telah menyampaikan paket tersebut ke ratusan keluarga korban di Nakhon Sawan, Lopburi dan Ayutthaya dari pusat-pusat distribusi di Bangkok dan Thailand tengah, dengan menggunakan truk dan perahu.

     Bapak Phuriphak Phuchongkawarin, pemimpin remaja SGI-Thailand, berkomentar, "Ratusan anggota muda telah mengerahkan diri untuk membantu para korban banjir. Ini merupakan pengalaman pertama kami memberi bantuan berskala besar. Pada saat-saat seperti inilah kami benar-benar dapat mempraktekkan semangat Buddha untuk mendedikasikan diri demi orang lain."
 
     Pada tanggal 13 Oktober, SGI-Thailand juga menyumbangkan 150 paket pasokan bantuan, serta 1.000 kg beras, 1.500 botol air dan 2.000 bungkus mie instan, kepada Kementerian Kebudayaan Thailand untuk disalurkan ke daerah-daerah yang terkena.

     SGI-Thailand juga siap membantu upaya pembersihan setelah airnya surut.

     Perhimpunan umat Buddha Soka Gakkai International (SGI) memiliki 12 juta anggota di seluruh dunia. Organisasi penyusunnya memiliki rekam jejak panjang aktivitas bantuan kemanusiaan dalam merespon bencana alam.

     Sumber: Soka Gakkai International

     Kontak:
     Joan Anderson
     Kantor Penerangan Publik
     Soka Gakkai International
     Tel: +81-80-5957-4711
     Fax: +81-3-5360-9885
     E-mail: janderson[at]sgi.gr.jp
     www.sgi.org

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011