Makassar (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan (Sulsel) membantah bahwa Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, diagendakan sebagai salah seorang pembawa obor pekan olahraga Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (SEA Games) XXVI saat berada di Makassar, Senin.

Sekretaris Umum KONI Sulsel, Nukharwi Nawir, di Makassar, menyatakan bahwa pihak panitia sejak awal hanya melibatkan atlet andalan Sulsel untuk membawa obor Sea Games tersebut dan tidak menggunakan pejabat sebagai pembawa obor.

"Tidak ada pejabat yang akan membawa api SEA Games. Semuanya merupakan atlet yang telah memberikan prestasi bagi Sulsel," katanya.

KONI dan pihak penyelenggara tidak pernah merilis keputusan seperti itu. Kami juga berharap agar persoalan olahraga tidak dicampur-adukkan dengan urusan atau kepentingan politik, ujar Nukhrawi.

Menurut dia, keputusan menyerahkan urusan pembawa obor SEA Games tersebut kepada atlet merupakan wujud penghargaan KONI Sulsel terhadap atlet yang pernah memberikan prestasi bagi Sulsel.

Pihak panitia dalam hal ini Kadinda Sulsel bekerjasama dengan Inasoc, Dispora Sulsel dan KONI Sulsel telah menunjuk atlet karateka Sulsel peraih emas di SEA Games lalu yakni Arif Taufan Syamsuddin sebagai duta obor Sulsel.

Arif Taufan membawa api obor SEA Games bersama sekitar 90 atlet Sulsel untuk mengarak api mengelilingi Kota Makassar diantaranya Jalan Jenderal Sudirman, Bulusaraung, Mesjid Raya, Veteran, Sungai Saddang, Arief Rate, dan berakhir di Kantor KONI Sulsel jalan Sultan Hasanuddin Makassar.

Selanjutnya, Api SEA Games akan kembali dibawa ke Anjungan Pantai Losari, sekaligus pelaksanaan malam budaya yang dilaksanakan Kadinda Sulsel.

Api SEA Games diambil dari Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Api Abadi Mrapen yang telah dikenal sejak zaman Kerajaan Demak ini akan berakhir di Stadion Gelora Sriwijaya Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) saat pembukaan SEA Games XXVI 11 November mendatang.

Sebelum tiba di Makassar, api SEA Games XXVI terlebih dahulu telah diarak ke sejumlah kota seperti Jayapura Papua, Pulau Komodo, Semarang dan Yogyakarta.

Setelah dari Makassar, Api SEA Games akan kembali dibawa ke Balikpapan dilanjutkan diarak ke Samarinda kemudian ke Jakarta.

Dari Jakarta, Api SEA Games selanjutnya di arak hingga ke Stadion Gelora Sriwijaya Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) sebelum pembukaan SEA Games XXVI 11-22 November 2011.
(T.ANT-283/F003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011