Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan seluruh jajaran kementerian untuk memberikan dukungan sepenuhnya bagi keberhasilan penyelenggaraan pekan olahraga Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (SEA Games) ke-26 di Sumatera Selatan (Sumsel) dan DKI Jakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, usai sidang kabinet membahas persiapan SEA Games di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa Presiden telah memfungsikan semua menteri untuk memberikan dukungan menyukseskan Sea Games.

"Presiden menginstruksikan seluruh jajaran kementerian untuk memberikan dukungan sepenuhnya. Koordinasi ini sudah disampaikan berkali-kali melalui Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Kementerian Polkam," tuturnya.

Menurut Andi, dukungan yang dibutuhkan dari jajaran kementerian antara lain dari Kementerian Luar Negeri untuk kepengurusan visa atlet mancanegara serta Kementerian Keuangan untuk pembebasan pajak bandara bagi para atlet dan kemudahan bea cukai untuk peralatan bekerja media massa asing.

Andi meminta, agar pajak bandara senilai Rp150.000 bagi para atlet mancanegara yang masuk-keluar Indonesia dapat ditanggung oleh pemerintah sesuai kelaziman yang berlaku secara internasional.

"Presiden langsung menginstruksikan Menteri Keuangan, agar memberikan kemudahan sesuai kelaziman internasional. Kalau kelaziman internasional airport tax untuk atlet-atlet asing dibebaskan," ujarnya.

Andi mengatakan, dukungan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) juga dibutuhkan untuk memberikan kemudahan imigrasi di konter khusus yang ada di setiap gerbang kedatangan bandara Jakarta dan Palembang, serta pintu masuk lain.

Dari Kementerian Perhubungan, menurut dia, dibutuhkan dukungan tambahan penerbangan Jakarta-Palembang dan juga kesiapan fasilitas bandara untuk menyambut kedatangan atlet mancanegara berikut pendukung mereka.

Sementara itu, lanjut Andi, dukungan dari Kementerian Kesehatan dibutuhkan untuk evakuasi cepat bagi atlet di lokasi-lokasi yang cukup jauh dari keramaian, seperti cabang olahraga Paralayang di Puncak, Jawa Barat, lintas alam di Sentul, berkuda di Cinere, serta open water swimming di Pulau Putri, Kepulauan Seribu.

Untuk memeriahkan penyelenggaraan SEA Games, Andi mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menggelar panggung budaya yang menampilkan aneka budaya Indonesia.

Dukungan dari jajaran politik dan keamanan, menurut dia, dibutuhkan untuk menjaga keamanan selama penyelenggaraan SEA Games demi kenyamanan para atlet dan para pendukung.

Presiden Yudhoyono, menurut Andi, berharap agar seluruh rakyat Indonesia menjadi tuan rumah yang baik dengan memberikan ramah tamah kepada para peserta dan pendukung SEA Games ke-26.
(T.D013*P008)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011